Rawan diretas, 6 hal ini harus diperhatikan bagi pengguna mobile banking

Merdeka.com – Banyak masyarakat telah menggunakan mobile banking saat ini. Didukung dengan berkembangnya smartphone, mobile banking telah menjadi alat pengelolaan keuangan yang praktis bagi mereka yang sangat sibuk.

Tak ayal penggunaan mobile banking saat ini meningkat di kota-kota besar di seluruh dunia. Berdasarkan hasil riset dari Mastercard Mobile Shopping Survei 2017, sebanyak 25 persen responden di Indonesia mengungkapkan bahwa mereka telah menggunakan aplikasi mobile banking untuk melakukan pembayaran.

Aplikasi mobile banking memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengirim serta menerima uang secara cepat, mudah dan aman. Anda hanya memerlukan sebuah smartphone dan koneksi internet yang aman untuk dapat melakukan transfer pembayaran kapan pun dan di mana pun di dunia ini.

Sebagian besar bank menawarkan aplikasi mobile banking yang dapat diunduh di smartphone nasabah mereka, sehingga mengurangi kebutuhan mereka untuk mengunjungi bank maupun mengantre di ATM.

Jadi, apabila Anda ingin memantau pengeluaran Anda namun tidak dapat menemukan rincian transaksi bank bulan lalu, jangan khawatir. Aplikasi mobile banking yang Anda miliki telah mencatat seluruh transaksi yang Anda lakukan, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses rincian pengeluaran tersebut dengan hanya melakukan beberapa sentuhan (tap) pada smartphone Anda.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna mobile banking untuk mengoptimalkan keamanan uang serta meningkatkan pengalaman Anda saat menggunakan aplikasi mobile banking.

Berikut ulasannya: 

Jangan gunakan koneksi Wi-Fi untuk umum ketika Anda mengakses aplikasi mobile banking

Hindari berbagi informasi pribadi Anda secara gratis, karena menggunakan internet pada koneksi yang tidak terjamin keamanannya dapat membuat smartphone Anda serta aplikasi di dalamnya rentan terhadap pencuri dan peretas (hacker).

Periksa website dari bank penerbit kartu Anda untuk mengetahui proteksi keamanan apa saja yang ditawarkan untuk layanan aplikasi mobile mereka.

Anda mungkin merasa tidak perlu melakukan hal ini, namun mengetahui langkah-langkah keamanan yang tersedia akan dapat membantu Anda untuk lebih percaya diri terhadap keamanan uang Anda.

Hal tersebut juga memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa yang dapat dihubungi maupun apa yang harus dilakukan ketika melihat aktivitas yang mencurigakan pada rekening bank Anda.

Aktifkan layanan otentikasi akun Anda

Sebagian besar bank menawarkan beragam layanan dan perangkat otentikasi, salah satunya ialah One-Time-Passwords yang berfungsi untuk melakukan otentikasi serta melakukan verifikasi proses transaksi yang dilakukan.

Mengaktifkan layanan ini memberi Anda lapisan verifikasi serta keamanan yang lebih baik terhadap transaksi Anda.

Perbarui aplikasi mobile Anda untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut dilengkapi dengan layanan keamanan terbaru.

Mungkin Anda merasa repot untuk terus memperbarui aplikasi mobile banking secara rutin, namun dengan melakukan hal tersebut Anda dapat menikmati manfaat serta beragam fitur yang ditawarkan dalam versi terbaru dari aplikasi tersebut.

Seringkali pembaruan-pembaruan tersebut juga terkait dengan peningkatan keamanan yang juga dapat membuat perangkat Anda menjadi lebih aman. [idr]  

 

Baca Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: