Pansus Angket DPR Yakin Ungkap Kebobrokan KPK

JAKARTA (Pos Kota)–Panitia Khusus (Pansus) Angket DPR tentang Pelaksanaan Tugas dan Kewenangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin yakin mengungkap kebobrokan lembaga anti rasuah itu. Hal itu terungkap dari kesaksian Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman, pada Selasa (29/8) kemarin.

Anggota Pansus Angket, Ahmad Sahroni, yang menilai ada dugaan dan potensi penyalahgunaan kekuasaan oleh penyidik senior dan kelompok secara berkelanjutan. Menurutnya, hal itu mengancam eksistensi KPK sebagai lembaga penegak hukum yang bersih dan berwibawa. “Keberadaan kelompok ini kerap mendominasi dan powerfull melampaui kewenangan komisioner,” katanya, Kamis (31/8).

Menurutnya, dari pemeriksaan itu terlihat juga adanya kelompok tertentu yang kerap melakukan tindakan di luar koridor hukum dalam proses penyelidikan. “Ada rekaman yang tidak utuh karena dipenggal-penggal dan secara sengaja ditayangkan sepotong-sepotong,” ujar Sahroni.

Masalah lain yang terlihat, kata Sahroni, adalah banyaknya kasus yang mandek dan banyaknya orang yang sudah terlanjur ditersangkakan. Meski sudah ditetapkan tersangka, namun tidak di sidangkan atau dilimpahkan ke pengadilan hingga tahunan karena diduga minimnya alat bukti. “Sedikitnya ada 26 orang yang ditetapkan sebagai tersangka oleh kelompok penyidik tertentu tersebut, tanpa bukti awal permulaan yang cukup,” kata Sahroni. (Ifand/us)

Sumber : Poskotanews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: