Awas salah langkah, 8 pertolongan pertama ini memperburuk cedera yang terjadi

JAKARTA – Saat terjadi kecelakaan ringan yang melibatkan anggota tubuh, maka panik adalah reaksi awal yang selalu terjadi. Kemudian kamu atau orang-orang di sekitarmu akan melakukan pertolongan pertama untuk berusaha memperbaiki cedera atau kecelakaan yang terjadi.

Well, sayangnya banyak pertolongan pertama yang dilakukan justru bisa memperburuk cedera. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah contohnya.

1. Mengompres luka memar dengan es

Saat kamu mengalami luka memar entah karena jatuh atau terpukul benda tumpul, maka umumnya kamu akan mengompres luka yang memar dengan es batu.

Well, memang benar es batu bisa membantu mengurangi memar. Namun lakukan sementara saja. Sebab jika terlalu lama maka dinginnya suhu es batu akan membuat darah membeku dan mengakibatkan komplikasi lanjutan yang bisa lebih berbahaya.

2. Menggosok hidung yang pingsan dengan alkohol

Biasanya saat seseorang yang berada di dekatmu pingsan, maka kamu akan menggosok hidungnya dengan alkohol. Sebab aromanya yang tajam diharapkan bisa membangunkan mereka yang pingsan. 

Namun nyatanya aroma alkohol justru bisa membuat keracunan sebab seseorang jadi menghirup terlalu banyak asam. Tindakan ini juga berbahaya untuk diterapkan pada anak-anak yang pingsan.

3. Langsung mengangkat tubuh orang yang pingsan

Saat seseorang yang ada di dekatmu pingsan, kamu dilarang untuk langsung mengangkat tubuhnya. Atau malah memercikan air kepadanya sebab bisa menyebabkan kejang dingin.

Langkah pertama yang benar untuk dilakukan adalah mengangkat kaki orang tersebut ke atas. Kemudian bukalah kancing baju atau apapun yang bersifat mengikat dan ketat. Hal ini bertujuan untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh. Setelah itu sadarkan secara perlahan.

4. Mengoleskan mentega untuk mengobati luka bakar kulit

Kebanyakan orang senang mengoleskan mentega ke atas luka bakar kulit yang terjadi. Padahal hal tersebut bisa menciptakan lapisan tipis di atas luka yang kemudian mengganggu pertukaran suhu yang terjadi dalam kulit ke luar tubuh.

Sebaiknya, saat luka bakar terjadi, guyur dengan air dingin selama 15 menit.

5. Menggeretak tulang atau sendi saat terkilir

Ketika kamu terkilir, kamu biasanya memiliki kebiasaan untuk menggeretak tulang atau sendi. Hal ini kamu lakukan dengan harapan bisa meringankan rasa sakit yang terjadi.

Padahal tindakan ini justru akan mengakibatkan luka tambahan atau malah bisa mengakibatkan kelumpuhan.

6. Mengompres bagian yang terkilir dengan kain hangat

Selain dengan menggeretak, biasanya kamu juga mengompres otot yang terkilir dengan kain hangat. Kamu berharap bahwa tindakan ini bisa membuat otot jadi lemas dan rasa sakit akan berangsur menurun.

Sebaliknya, panas dari kain hanya akan memperkuat aliran darah dan bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan yang lebih parah.

7. Mencoba untuk muntah saat keracunan

Saat kamu keracunan dan perut terasa tidak nyaman, kamu sering mencoba untuk muntah sendiri dengan cara memancing memasukkan jari tangan ke kerongkongan. Hal ini jelas tidak boleh kamu lakukan. Sebab bisa meningkatkan kadar asam dalam tubuh yang justru memperburuk kondisi kesehatanmu.

8. Menggosok mata saat kemasukan benda asing

Reaksi pertama yang pasti kamu lakukan saat mata kemasukan benda asing adalah dengan menggosok-gosoknya. Tanpa kamu sadari, tindakan ini justru bisa menyebabkan luka di mata karena bola mata yang tergosok-gosok. 

Sebaiknya, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan tetap mengedipkan mata beberapa kali. Tindakan ini membuat mata memproduksi air mata yang membantu untuk mengeluarkan benda asing dari dalam mata.

Itulah beberapa tindakan atau pertolongan pertama yang biasanya dilakukan banyak orang. Ketika kamu tahu bahwa tindakan tersebut salah, maka segera ganti dengan pertolongan lain yang tidak terlalu berbahaya untuk kesehatan tubuhmu.

Sumber : Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: