Bantul Punya Irigasi Yang Jernih dan Penuh Ikan Seperti di Jepang

BANTUL – Masyarakat Dusun Singosaren, Desa Wukisari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan. Pemuda di sana menyulap selokan yang asalnya penuh sampah menjadi tempat bermukimnya ribuan ikan nila. 

Setelah dibersihkan pada Mei lalu, masyarakat menabur kurang lebih 10 ribu ikan nila yang berasal dari bantuan pemerintah setempat. Tak hanya jernih, aliran irigasi sepanjang 100 meter itu kini didominasi warna kuning keemasan yang berasal dari warna ikan nila. 

Untuk mengantisipasi ikan hilang terbawa arus, masyarakat memasang filter jaring dari kawat di sisi hilir. Sedangkan pada bagian hulu, dipasang semacam kincir air yang tengah diproses menjadi alat penggaruk sampah otomatis.

Selokan dengan lebar 1,2 meter itu sempat menghebohkan sejumlah media sosial. Karena penasaran, beberapa warganet pun akhirnya datang untuk menyaksikan langsung saluran air yang digadang-gadang mirip dengan yang ada di Jepang itu. 

Banyaknya wisatawan yang berkunjung. Warga menyediakan pakan di sekitar selokan agar wisatawan bisa memberi makan ikan-ikan secara langsung. 

Namun, wisatawan harus membayar Rp1.000 setiap dua ons pakan. Uniknya, tak ada penjaga yang menjual belikan, warga dan pengunjung bisa mengambil sendiri. Kalau pun uangnya lebih, pengunjung mengambil kembaliannya secara mandiri.

Bupati Bantul saat menebar pakan
© 2017 otonomi.co.id/bantulkab.go.id

Tak hanya wisatawan, Bupati Bantul Suharsono pun penasaran dengan wajah irigasi tersebut. Ketika berada di sana, ia langsung menyebar pakan untuk ribuan ikan nila yang begitu dominan menghiasi selokan. 

Warga setempat mempunyai komitmen yang tinggi untuk memelihara ikan dan menjaga ikan dari para penangkap ikan ilegal menggunakan setrum. Komitmen warga ini patut diacungi jempol dan ditiru oleh warga lain di Kabupaten Bantul demi kelestarian ikan dan lingkungan. (poy)

Sumber: bantulkab.go.idcakrawala.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: