Punya modal pas-pasan, ini 5 bisnis rumahan yang bisa digeluti

Menjalankan usaha kini menjadi impian hampir semua orang. Selain bisa menjadi bos untuk diri sendiri, kita bisa terus mencari peluang untuk mendulang banyak keuntungan. Mulai saja dengan usaha kecil rumahan. Bisnis kelas menengah ini bisa dimulai dengan modal kecil atau pas-pasan.

Singkatnya, menjadi pengusaha bisa dikatakan sebagai cara terbaik untuk miliki penghasilan besar. Sayangnya banyak orang yang terkendala akan modal. Sebuah usaha kerap membutuhkan modal yang tidak sedikit, sehingga tak jarang orang mengurungkan niatnya untuk menjalani usaha karena kesulitan mencari dana tambahan.

Namun bagi yang memiliki keinginan besar, selalu ada jalan untuk wujudkan impian berbisnis. Jika dicermati lagi, ada berbagai cara untuk memulai usaha tanpa mengeluarkan modal selangit, salah satunya adalah usaha kecil menengah atau UKM yang bisa dilakukan di rumah.

Melalui usaha kecil menengah, siapapun yang ingin berbisnis bisa mewujudkan impiannya bahkan hanya dengan modal kurang dari Rp 5 juta. Jangan salah, meski bermodal kecil, usaha kecil menengah juga bisa sukses di pasaran.

Apalagi jika pemilik usaha bisa membidik pasar dengan tepat. Buktinya, banyak pelaku usaha kecil menengah yang sukses dan berperan besar dalam mendorong perekonomian Indonesia. Untuk itu, ini 5 bisnis yang bisa digeluti dengan modal pas-pasan sepert dikutip cekaja.com:

1. Jual oleh-oleh khas daerah

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata. Menurut data, jumlah wisatawan juga meningkat setiap tahunnya. Hal ini tentu membuat oleh-oleh khas daerah semakin diminati. Tingginya permintaan membuat oleh-oleh khas daerah menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Masing-masing daerah memiliki buah tangan yang spesial. Bogor yang khas dengan talas, Yogyakarta dengan bakpia, atau Bali dengan lilin aroma terapi.

Kamu bisa berinovasi dengan menawarkan produk baru yang menampilkan ciri khas dari daerah masing-masing. Misalnya menjual bakpia dengan varian rasa yang unik, atau lilin terapi dengan aroma yang belum pernah ada sebelumnya.

Jika tidak memiliki keahlian untuk membuat produk, kamu bisa membelinya dari pusat grosir oleh-oleh dan menjualnya kembali secara online. Tak jarang orang yang merantau mencari makanan atau barang khas kampung halaman mereka.

2. Katering

Makanan akan selalu dicari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Maka dari itu, bisnis kuliner tak akan pernah mati. Apabila kamu memiliki keahlian memasak yang bisa diandalkan, kenapa tidak menggunakannya untuk menghasilkan uang? Kamu bisa memulainya dengan menawarkan catering makan siang untuk kantor, atau sekolah. Jangan lupa tawarkan tetangga jika mereka akan mengadakan pesta atau acara lainnya.

Tak perlu modal besar, kamu bisa memulai dengan alat seadanya yang kamu miliki di dapur. Untuk biaya bahan baku, kamu bisa meminta uang muka atas seluruh pesanan yang hendak dibuat sehingga kamu dapat menekan biaya pembuatan makanan tersebut. Jika usaha catering semakin sukses, cari peluang lebih besar dengan membuat catering prasmanan untuk acara besar seperti pernikahan.

3. Warung sembako

Usaha warung sembako atau toko kelontong menjadi salah satu usaha yang diminati sejak dulu. Pasalnya, semua orang akan selalu membutuhkan bahan pokok dan kebutuhan dapur setiap harinya. Tak heran warung sembako jarang sepi pengunjung. Untuk memulai bisnis sembako, akan lebih baik jika di sekitar rumahmu belum ada yang membuka usaha sejenis.

Karena modal yang digunakan sedikit, kamu bisa mulai dari menjual beberapa jenis bahan pokok yang paling sering dicari di warung kecil. Misalnya bumbu dapur mie instan, kopi, teh, dan gula. Jika pemasukan semakin besar, tambah persediaan barang agar warung sembako milikmu semakin lengkap, sehingga banyak pula yang berkunjung untuk membeli.

4. Guru les

Jika kamu seorang mahasiswa yang sedang mencari uang saku tambahan atau menambah tabungan untuk biaya kuliah, usaha kecil menengah ini sangat tepat untuk dilakukan. Yang terpenting kamu memiliki modal pengetahuan dan keahlian untuk memulai les privat. Tak hanya pelajaran sekolah, banyak bidang lain yang dicari oleh para orang tua, misalnya musik dan bahasa asing.

Awalnya, kamu bisa mengajari anak-anak tetangga dan memasang tarif per pertemuan. Jika mau keluar biaya sedikit, kamu bisa berkeliling mendatangi murid-murid. Ketika namamu mulai dikenal, kamu bisa membuka les di rumah dan mengeluarkan modal untuk ruangan belajar dan peralatan tulis.

5. Jasa penitipan anak

Biaya hidup yang tinggi kerap mengharuskan suami dan istri untuk bekerja, meskipun mereka mempunyai anak. Para orang tua pun terpaksa meninggalkan putra putri mereka karena kesibukan kerja. Jika kamu memiliki keahlian dalam mengasuh anak dan kondisi rumahmu cukup luas, tak ada salahnya untuk menjajal usaha ini.

Cukup dekorasi ulang ruang yang kosong dengan nuansa anak-anak, dan tambahkan beberapa permainan agar mereka merasa nyaman di tempat penitipan. Akan lebih baik jika kamu menambahkan sarana untuk mereka belajar. Tak perlu mahal, cukup gunakan benda-benda di sekitar seperti kancing pakaian untuk berhitung, atau dinding yang sudah dilapisi kertas untuk menggambar.

Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: