Tiga Tanda-tanda Kiamat Sudah Muncul di Makkah, Mungkinkah Kiamat Sudah Dekat

Kiamat merupakan Rukun Iman kelima bagi umat Islam yang dipercaya pasti akan terjadi.

Namun tidak satu pun makhluk mengetahui kapan peristiwa akhir kehidupan alam dunia tersebut akan berlangsung karena semuanya adalah rahasia Illahi.

Baca: Ternyata Bukan Bill Gates, Inilah 5 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah Dunia

Akan tetapi Allah SWT melalui Rasulullah SAW sudah mengabarkan tanda-tandanya.

Makkah menjadi salah satu kota di muka bumi yang disebut Nabi akan menunjukkan tanda bahwa kiamat sudah dekat.

Baca: Seremnya! Makhluk Halus Ini Gentayangan di Rumah Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

kabah
Ilustrasi

Pertanda yang disebutkan nabi ini dahulu dianggap mustahil terjadi. Namun apa yang ada di Kota Mekkah saat ini benar-benar menunjukan kondisi seperti apa yang diucapkan oleh Nabi Muhammad dahulu.

Baca: Belum Genap 2 Bulan Sudah Dua Orang Tewas Diterkam Buaya, Satu Orang Lolos Dari Maut

Tanda-tanda kiamat tersebut benar-benar sudah muncul di Mekkah. Apa saja?

Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari infounik.com:

1. Gunung-Gunung di Makkah Mulai Berlubang

Nabi juga menjelaskan bahwa kiamat akan terjadi jika gunung-gunung di Kota Mekkah sudah berlubang. Hal ini tentu sulit dipahami oleh masyarakat pada masa kehidupan Nabi. Namun ternyata hal itu sudah terjadi saat ini.

Gunung-gunung di Kota Mekkah kini sudah berlubang dalam bentuk terowongan. Makkah juga dijuluki Kota Terowongan karena memiliki puluhan terowongan.

Pada 2011 saja, Makkah memulai pembangunan 55 terowongan melalui pegunungan dan sejumlah ruas jalan.

Sebanyak 10 di antaranya merupakan terowongan pejalan kaki dan sisanya untuk kendaraan bermotor. Jalur pejalan kaki dan kendaraan bermotor dibuat terpisah. Total panjang terowongan adalah 30 kilometer.

Rasulullah SAW bersabda “Jika kamu lihat gunung-gunung di Mekkah ada lubang yang menembusinya”

Selain itu, Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata: “Bagaimana pendapat kalian, jika kalian hancurkan Ka’bah dan tidak menyisakan ada batu yang masih menumpuk?

Mereka menjawab: oleh kita yang beragama Islam? Beliau menjawab: benar, kalian yang beragama Islam. Seseorang bertanya: lalu apa lagi? Beliau menjawab: kemudian ia akan dibangun dengan yang lebih bagus darinya. Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu.

2. Bangunan Tinggi Melebihi Gunung

Nabi Muhammad SAW mengabarkan bahwa salah satu tanda bahwa kiamat sudah dekat adalah ketika di banyak bangunan yang tingginya melebihi gunung.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa bangunan-bangunan tingginya begitu menjulang.

Ibnu Syaibah meriwayatkan dengan sanadnya kepada Ya’la ibn Atha’ dari ayahnya, dia berkata: pada suatu hari, aku menuntun tali kekang onta Abdullah ibn Amr, lalu beliau berkata:

“Apabila kalian telah melihat galian-galian besar di Makkah, dan bangunan-bangunannya menjulang tinggi melebihi pegunungannya, maka ketahuilah bahwa kiamat telah mendekatimu. (HR. Ibnu Abi Syaibah dan al-Arzaqi)

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi hingga gunung-gunung hilang dari tempatnya dan kalian melihat perkara besar yang belum kalian lihat” (HR.Thabrani).

Pada zaman kehidupan Nabi, Kota Mekkah masih sangat tandus dan tidak terbayang akan berdiri bangunan-bangunan tinggi seperti saat ini. Dan apakah yang terjadi saat ini di Mekkah?

Tidak lain dan tidak bukan kota suci umat Islam ini kini tidak ubahnya Las Vegas di Amerika Serikat. Bahkan di di halaman Masjidil Haram akan dibangun Mecca Royal Clock Hotel Tower.

Tinggi gedung ini direncanakan berketinggian lebih dari 601 dan hanya selisih 200 meter dari gedung tertinggi dunia saat ini, yaitu Al Burj Khalifa Dubai.

Bagiamana dengan Arab Saudi yang saat ini tengah membangun gedung tertinggi di dunia hingga menembus awan.

Rencananya, tinggi gedung bernama Jeddah Tower ini lebih dari 1 kilometer (Km) dan akan mengalahkan Burj Khalifa yang selama ini memegang rekor di Guinness World Record sebagai gedung tertinggi dunia yang ada di Dubai.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa pada suatu hari malaikat Jibril menemui Rasullullah Saw dengan wujud manusia.

Ia datang dengan mengenakan pakaian yang teramat putih warna rambut yang hitam kelam.

Ia datang berdialog dengan Rasullullah dan memberikan pengajaran kepada sahabat. Jibril bertanya tentang Islam, Iman , dan Ihsan kemudian Jibril bertanya tentang tanda kiamat, di antara jawaban nabi ialah:

“Dan bila engkau menyaksikan mereka yang berjalan tanpa alas kaki, tidak berpakaian, fakir dan pengembala kambing (kemudian) berlomba-lomba membuat bangunan yang tinggi” (HR.Bukhari)

Di hadist lain di sebutkan, Kemudian sahabat Ibnu abbas bertanya : “Wahai Rasullullah, dan siapakah para pengembala, orang tidak memakai sandal, dalam keadaan lapar dan yang miskin itu” Beliau menjawab “Orang arab” (Musnad Ahmad, IV/332-334,NO 2926)

3. Bayangan Ka’bah Tidak Lagi Tampak

Baginda Rasulullah SAW juga bersabda bahwa kiamat akan terjadi jika Al-Sa’ah telah membentang bayangannya sehingga bayangan Kabbah tidak lagi tampak. Al-Sa’ah merupakan salah satu dari pengertian kiamat.

Sementara di Arab, Al-Sa’ah juga bermaksud sebagai jam. Karena 1tu Sheikh mengartikan secara langsung waktu kiamat yang hampir juga terjadi apabila bayang menara jam menutupi Kaabah.

Imam As Sayuti berkata megenai perkara ini, bahwa masanya sudah sangat hampir bila kamu ambil maksud tersebut secara langsung. Sekarang bayang-bayang menara jam sudah menutupi kabah. Mecca Royal Clock akan menutupi bayang-bayang Kabah.

Tanda Kiamat Lima Agama

Meski secara konsep kiamat sama saja di berbagai agama, tanda-tanda kedatangannya selalu berbeda-beda. Setiap agama menandakan kiamat dengan kemunculan sesuatu hal hingga kehancuran dunia secara perlahan-lahan.

Berikut tanda-tanda kiamat menurut berbagai agama di dunia selengkapnya dilansir dari  boombastis.com:

1. Islam

Sebagai salah satu agama terbesar di dunia, Islam mengenalkan kepada pemeluknya bahwa kiamat atau akhirnya zaman ditandai oleh banyak hal.

Beberapa yang sangat populer dan diketahui banyak orang adalah terbitnya matahari dari ufuk barat. Selain tanda alam, datangnya kiamat juga ditandai dengan keluar dajjal.

Dia adalah makhluk mengerikan yang membawa kehancuran pada dunia. Dalam beberapa cerita, dajjal digambarkan sebagai makhluk bengis dan memiliki satu mata di wajahnya.

Setelah dajjal, tanda kiamat selanjutnya adalah munculnya bangsa Ya’juj dan Ma’juj. Bangsa ini akan membuat kekacauan di dunia ini secara perlahan-lahan.

Tanda terakhir dari datangnya kiamat menurut Islam adalah turunnya Nabi Isa As, terpecahnya bulan dan terdengarnya terompet sangkakala yang menandakan berakhir sudah kehidupan manusia di bumi.

2. Katolik

Dalam keyakinan Katolik, kiamat sudah berkali-kali diramalkan sejak ratusan hingga ribuan tahun yang lalu. Meski demikian, kedatangan kiamat masih terus menjadi rahasia hingga sekarang.

Para pengikut agama Katolik berkeyakinan bahwa kiamat akan segera datang apabila hal-hal mengerikan terus datang dan menghantam bumi tanpa ampun.

Ujian berat yang bertubi-tubi pada manusia adalah tanda bahwa bumi ini akan segera menemui ajalnya. Kehancurkan kosmis, munculnya pemberontakan, perang, pengkhianatan gereja, dan lain sebagainya juga merupakan tanda nyata bahwa kiamat sudah siap melenyapkan bumi dan segala isi di dalamnya.

3. Buddha

Dalam pandangan agama Buddha, kiamat yang terjadi di dunia ini ditandai oleh lima kemerosotan. Pertama adalah kemerosotan pada pandangan hidup manusia.

Jika bumi ini dipenuhi pandangan negatif, maka kiamat dipastikan akan segera datang. Kemerosotan selanjutnya ada pada hawa nafsu.

Jika bumi ini sudah dipenuhi oleh manusia yang terobsesi dengan harta, tahta, dan nafsu berahi, kiamat sudah melambai-lambai dari kejauhan.

Tiga kemerosotan lain dari pandangan Agama Buddha adalah kemerosotan kondisi manusia mulai dari kesehatan fisik dan mental.

Kemerosotan jangka kehidupan manusia seperti banyak orang mati muda dan yang terakhir kemerosotan zaman dunia akibat bencana alam dan kerusakan permanen pada bumi.

4. Hindu

Dalam Hindu, kiamat bukanlah akhir dari segalanya. Dalam konsep kehidupan mereka, dunia ini memiliki siklus dari penciptaan hingga akhir zaman.

Setelah akhir zaman datang maka kehidupan baru akan dimulai lagi dari awal. Siklus kehidupan dari Hindu disebut dengan kalpas. Satu siklus dari kalpas berjalan selama 4,1-8,2 miliar tahun.

Sebelum akhir dari zaman tiba, pemeluk dari Hindu percaya akan kedatangan kalki. Hampir sama dengan Agama Abrahamik yang mengenal adanya Imam Mahdi atau Messiah, dalam kiamat Hindu juga muncul seseorang pada hari penghabisan.

Dalam kepercayaan ini, kalki atau avatar terakhir Wisnu akan datang dalam wujud manusia berkuda putih.

5. Yahudi

Sebagai salah satu Agama Abrahamik yang ada di dunia ini, Yahudi juga memiliki konsep kiamat dalam ajaran mereka.

Menurut agama ini, kiamat akan terjadi jika dua tanda ini muncul. Pertama adalah Mesianisme yang di dalamnya mencakup beberapa hal seperti pengumpulan orang yang telah terbuang, pembangunan bait suci, hingga kurban menggunakan binatang.

Tanda selanjutnya adalah Olam ha-Ba. Pada konsep ini dunia lama akan mengalami kehancuran oleh banyak sebab. Setelah itu dunia baru akan muncul dan membangkitkan semua manusia yang telah mengalami kematian.

Hingga hari ini kiamat belum datang meski tanda-tandanya sudah banyak bermunculan berdasarkan uraian di atas.(*)

Sumber : Tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: