pikiran-rakyat.com

SERBUAN warganet yang mayoritas melontarkan komentar pedas membuat wasit asal Sleman, Agus Fauzan Arifin memutuskan ‘pensiun’ dari aktivitasnya sebagai pengguna media sosial Instagram.

Akun Instagram Agus Fauzan, @fauzanarifin2 yang sebelumnya jadi sasaran cacian warganet, terutama suporter Persib Bandung, pada Senin (02/10/2017) malam, sudah tak bisa diakses atau dalam kondisi non-aktif.

Sebelumnya unggahan foto Agus dengan caption “Tataplah dengan keyakinan” saat berada di Stadion Batakan, Kota Balikpapan, Sabtu (30/09/2017), jadi target hujatan warganet. Bahkan, sampai sekitar pukul 19.00 WIB, jumlah komentar pada postingan foto Agus tersebut mencapai sekitar 95 ribu komentar, yang rata-rata bernada pedas.

Wasit berusia 30 tahun itu mendadak jadi ‘selebgram’ setelah memimpin laga Persiba Balikpapan kontra Persib dalam lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 di Stadion Batakan, Minggu (01/10/2017). Agus dihujat karena beberapa keputusannya dinilai kontroversial.

Screenshoot:https://www.instagram.com/p/BZpWLqyDIPc/?taken-by=fauzanarifin2

Di antaranya saat dia tak menghukum Persiba dengan penalti meski bek tuan rumah Fengky Turnando melakukan handball di kotak penalti di babak pertama. Agus hanya memberikan tendangan bebas kepada Persib meski sempat diprotes Kapten Achmad Jufriyanto.

Agus pun disorot setelah mengganjar kartu kuning kedua kepada Febri Hariyadi pada menit ke-57. Keputusan Agus tersebut kembali memancing protes keras dari para pemain Persib. Agus dinilai terlalu mudah memberikan kartu kuning kepada pemain tim tamu.

“Saya sangat menyayangkan kartu merah Febri. Tapi saya tak mau mengomentari wasit. Harus diakui‎ wasit begitu mudah memberikan kartu buat Febri dan pemain Persib lainnya seperti Achmad Jufriyanto. Ini kerugian buat kami,” jelas Asisten Pelatih Persib Herrie Setyawan seperti dilansir galapersib.com, Senin (02/10/2017).

Persib Merasa Percuma Protes ke PSSI

Sementara itu Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menyatakan, tak berencana melakukan protes kepada PSSI meski gelombang kritikan pedas dilontarkan bobotoh kepada Agus Fauzan, terutama di media sosial.

“Percuma (protes) gak dianggap. Biar PSSI tahu, biar komisi wasit tahu. Dia kan lebih pinter dari saya. Bukannya kita gak mau (protes), tapi yang waktu Madura (United) juga gak ditangapi (dua gol Persib dianulir). Padahal ramai diberitakan di Koran dan televisi, harusnya (PSSI) tanggap,”‎ ungkap Komisaris PT PBB Zainuri Hasyim seperti dilansir vikingpersib.co.id, Senin (02/10/2017).

Zainuri sendiri menyatakan enggan berkomentar banyak soal kepimpinan wasit Agus Fauzan. Selain momen tak dihukumnya Persiba dengan tendangan penalti, dia juga menyoroti kartu merah yang diterima Febri. “Soal permainan semua orang tahu, permainan menjanjikan. Kita lihat sendiri seperti apa, Febri dapat dua kartu kuning sampe dikeluarkan merah, itu gak jelas, dan tentu merugikan,” paparnya.

Sumber : Pikiran-Rakyat.com