Kepercayaan Konsumen Rendah, Presiden Minta Perlindungan Konsumen Ditingkatkan

Jakarta – Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan rapat terbatas khusus di Kantor Presiden membahas soal perlindungan konsumen di Indonesia. Konsumsi masyarakat dinilai berkontribusi besar terhadap perekonomian dalam negeri.

Dalam rapat terbatas ini hadir Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Kesehatan Nila F. Moloek, Ketua OJK Muliaman M. Hadad, Menristek Dikti M. Nasir, Menkominfo Rudiantara, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Membuka rapat tersebut, Jokowi mengatakan, dalam 5 tahun terakhir, konsumsi masyarakat menyumbang 55,94% dari pendapatan domestik bruto (PDB) di Indonesia. Sehingga sangat penting menjaga kepercayaan masyarakat untuk terus melakukan konsumsi di dalam negeri.

“Perekonomian nasional mayoritas masih digerakkan oleh konsumsi. Selain itu negara kita memiliki jumlah penduduk yang sangat besar, yang berarti potensi pasar yang juga sangat besar dan juga sekaligus konsumen yang amat besar pula. Untuk itu edukasi dan perlindungan terhadap konsumen harus menjadi perhatian kita bersama,” tutur Jokowi saat membuka rapat di Istana Negara, Jakarta pada bulan Maret 2017 lalu.

Indeks Kepercayaan Konsumen Indonesia Masih Rendah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, berdasarkan laporan yang diterimanya Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) Indonesia tahun 2016 masih rendah, yaitu 30,86 persen, atau baru sampai pada level paham, dibandingkan dengan IKK Eropa yang sudah mencapai 51,31 persen.

Hal tersebut disampaikan presiden Jokowi dalam pengantar rapat terbatas tentang Perlindungan Konsumen, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa siang (21/3/2017) sebagaimana dikutip dari laman resmi Sekretaris Kabinet RI.

Selengkapnya : MediaKonsumen.com

Satu tanggapan untuk “Kepercayaan Konsumen Rendah, Presiden Minta Perlindungan Konsumen Ditingkatkan

  • 19 Agustus 2017 pada 6:11 am
    Permalink

    Masyarakat minta sosialisasi UU dan Peraturan tentang perlindungan konsumen,dari pihak pemerintah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: