Dukung Pembentukan Densus Tipikor, KPK Beberkan Kerjasama dengan Polri

 
 
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 337 1794319 dukung-pembentukan-densus-tipikor-kpk-beberkan-kerjasama-dengan-polri-TrhSktTwcS.jpgJuru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto Antara/Resno Esnir
 
 

JAKARTA – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah meminta agar pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) Polri dapat dilihat dari berbagai sisi positifnya.

Febri menjelaskan alasan dukungan KPK terhadap pembentukan Densus Tipikor Polri tersebut. Menurut Febri, berbagai penuntasan kasus korupsi‎ yang selama ini ditangani KPK memang tidak lepas dari campur tangan pihak kepolisian.

“Karena penguatan peran Polri dalam pemberantasan korupsi adalah hal yang penting. Semakin banyak yang memburu koruptor, akan semakin bagus,” kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Baca Juga: Bentuk Densus Tipikor, Kapolri Ajukan Anggaran Rp2,6 Triliun ke DPR

 

Febri membeberkan berbagai kerjasama yang dilakukan KPK dengan Polri mulai dari proses penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan korupsi. Sejauh ini, sambung Febri, KPK juga telah melakukan berbagai koordinasi supervisi dengan ‎Polri dalam berbagai kasus korupsi.

“Untuk koordinasi penanganan perkara korupsi, sampai Agustus 2017, sudah dilakukan ‎terhadap 114 kasus (Polisi: 50 dan Kejaksaan 64); sedangkan supervisi totalnya, 175 kasus (Polisi: 11d dan Kejaksaan: 60),” jelasnya.

Kerjasama KPK dengan pihak kepolisian, lanjut Febri‎, dikembangkan dengan melalui e-korsup (elektronik koordinasi supervisi). Adapun, sejumlah daerah yang sudah menjalani program kerjasama tersebut yakni, Dirtidpikor Bareskrim, Polda Sumatera Utara, Polda Jawa Timur, dan Polda Jawa Barat.

“Jika Densus Tipikor memang dibentuk untuk memperkuat kinerja Polri dalam pemberantasan korupsi, tentu semua pelaksanaan tugas koordinasi dan supervisi akan lebih baik,” pungkasnya.

(fzy)

Sumber : Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: