Ketua KPK Pastikan Pemberantasan Korupsi Tidak Jalan di Tempat

Ketua KPK Pastikan Pemberantasan Korupsi Tidak Jalan di Tempat
 
Agus Rahardjo /Theresia Felisiani/Tribunnews.com


 

JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo membantah pemberantasan korupsi di Indonesia disebut semakin buruk sebagaimana disampaikan oleh Komisi III DPR dalam rapat kerja.

Ia mengatakan, dalam waktu 15 tahun sejak KPK didirikan, indeks persepsi korupsi Indonesia, kata Agus, telah meningkat drastis dari skor 17 menjadi 37.

Baca: Tidak Hadiri Sertijab, Ternyata Djarot Dikabarkan Berada di Pulau Ini

Hal itu menjadikan Indonesia naik ke peringkat tiga di ASEAN dalam indeks persepsi korupsi.

“Indonesia yang dulu paling bawah hari ini kita saksikan angkanya 37. Kalau kita lihat di ASEAN tinggal dua negara di atas kita, Singapura dan Malaysia yang malah menurun,” kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/10/2017).

“Filipina kita salip. Thailand kita salip. Bahkan Vietnam masih di 33. Dari fakta dan data itu mari optimistis. Pemberantasan korupsi ini enggak jalan di tempat,” lanjut Agus.

Ia mengatakan, jika pemerintah meningkatkan kualitas pelayanan publik secara lebih transparan, maka indeks persepsi korupsi di Indonesia juga akan meningkat drastis.

Demikian pula jika DPR menerapkan konsep e-planning dan e-budgetingsaat membahas APBN dengan pemerintah. Ia meyakini hal itu akan meminimalkan korupsi di parlemen.

“Progres kita cukup ada. Harus diakui paling tidak menjadikan kita nomor tiga di ASEAN. Saya tak mengklaim itu prestasi KPK. Itu terkait dengan semuanya yang dilakukan pemerintah,” lanjut Agus.

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul: Ketua KPK: Pemberantasan Korupsi Enggak Jalan di Tempat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: