Sophia, robot pertama yang memiliki kewarganegaraan

Robot bernama Sophia membuat sejarah yang tidak terduga. Robot cantik ini menjadi robot pertama yang memiliki status kewarganegaraan. Pada Rabu (25/10), Kerajaan Arab Saudi memberikan kewarganegaraan pada robot yang didesain oleh pengusaha David Hanson ini.

Seorang jurnalis bernama Andrew Ross Sorkin sempat mewawancarai Sophia di acara The Future Investment Initiative yang digelar di Riyadh, Arab Saudi.

“Kamu mendengar Sophia, saya berharap Anda mendengar saya. Sekarang Anda mendapat penghargaan sebagai warga negara Saudi pertama untuk sebuah robot,” ujar Andrew Sorkin disambut tepuk tangan tamu undangan.

Sophia menjawab tanpa ragu. “Saya ingin berterima kasih banyak kepada Kerajaan Arab Saudi.”

“Saya sangat bangga dan terhormat untuk perbedaan yang unik ini. Ini sejarah bagi robot pertama di dunia yang diakui menjadi warga negara,” kata robot itu, seperti dilansir dari Nydailynews, Jumat (27/10).

Mereka membahas tentang masa depan dengan segala kecanggihan dan robot cerdas buatan manusia. Sophia mengatakan, hal itu justru bisa membantu manusia menjalani hidup yang lebih baik.

Tapi Sorkin tetap khawatir dengan adanya kecanggihan buatan ini. Dia khawatir ini bisa berbahaya bagi kehidupan manusia. Tapi Sophia tetap berusaha meyakinkan bahwa kecerdasan dan kecanggihan buatan ini hadir untuk membantu manusia menjalani kehidupan.

“Saya akan melakukan yang terbaik untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik,” katanya.

Sophia juga menjelaskan pada Sorkin, robot yang dirancang manusia bisa diisi dengan nilai-nilai kemanusiaan seperti kebijaksanaan, kebaikan, dan belas kasih. [noe]

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: