300 Galeri Investasi BEI Berdiri, Investor Muda Terus Bertambah

Kontribusi investor muda untuk pertambahan nilai transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus meningkatkan di 2017 dibandingkan dari tahun lalu. Foto/Ilustrasi

JAKARTA – Kontribusi investor muda untuk pertambahan nilai transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI) terus meningkatkan di 2017 dibandingkan dari tahun lalu. Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Nicky Hogan mengatakan, hal ini merupakah buah kerja keras BEI dalam mempromosikan investasi di kalangan muda.

Lebih lanjut Ia menerangkan, BEI sendiri memang sudah lama merambah komunitas dan kampus-kampus dengan membangun galeri investasi di perguruan tinggi atas kerjasama dengan perguruan tinggi tersebut. Tak hanya itu BEI juga bekerja sama dengan perusahaan sekuritas untuk menggencarkan promosi investasi di kalangan muda.

“Kami sudah mendirikan 300 galeri investasi di seluruh Indonesia. Atas kerjasama BEI, perguruan tinggi dan perusahaan sekuritas. Pendirian itu hampir setiap minggu berdiri 1 galeri baru dikampus salah satu perguruan tinggi Indonesia,” ujar Nicky saat acara seminar Yuk Nabung Saham bersama MNC Sekuritas di BEI, Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

Ia menambahkan, kalangan di usia muda yang berasal dari komunitas investor pemula memiliki kontribusinya besar untuk dunia investasi. “Tambahan investor baru ini mendominasi sekitar 30% dari tambahan investor. Dari keaktifannya pun, 2016-2017 ini kontribusi dari investor muda terhadap tambahan nilai transaksi dari tahun ke tahun bertambah itu signifikan 10-20% terhadap nilai transaksi taunan,” paparnya.

Untuk tambahan nilai tambahan tahun lalu saja, jumlahnya Rp6,7 triliun, sedangkan tahun ini sekitar Rp7,2 triliun dan 10-20% disumbang dari investor domestik ritel. “Tambahan investor baru sekarang pun sudah ada 610 ribu bertambah 70 ribu dibanding 2016 kemarin,” terang dia.

“Bursa menargetkan sampai akhir tahun sekitar 630 ribu. Tapi kembali lagi untuk tambahan investor, keaktifan investor juga menjadi fokus dari bursa, jadi ada kegiatannya tidak hanya edukasi untuk investor baru tapi kegiatan yang sifatnya aktif,” pungkasnya.

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: