Yamaha Perkenalkan Motor Listrik di Indonesia

 

Jakarta– PT Yamaha Indonesia Motor Mfg atau YIMM menggelar konferensi pers “Market Trial” sepeda motor listrik Yamaha di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 1 November 2017.

Acara tersebut diadakan dalam rangka memperkenalkan sekaligus uji coba motor listrik Yamaha.

Diadakannya “Market Trial” motor listrik yang dilakukan YIMM ini tidak lain menjadi bentuk dukungan Yamaha kepada pemerintah terkait Program Percepatan Kendaraan Listrik untuk Transportasi Jalan.

 
 

“Ke depannya, Yamaha akan menganalisis hasil Market Trial ini supaya menghasilkan motor listrik berkualitas untuk konsumen Indonesia,” ujar pihak Yamaha.

Sebagai pengujian awal, motor-motor ini akan bisa dilihat di empat tempat, yakni Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan (UPH), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, dan The Breeze BSD.

 
 

“Hadirnya motor listrik Yamaha nanti akan memberikan pengalaman berkendara yang baru bagi konsumen. Ini adalah komitmen Yamaha untuk memajukan industri transportasi di Indonesia,” kata mereka.

Sepintas penampakan motor tersebut seperti motor matik Yamaha Fino. Tentu saja yang berbeda adalah bahan bakarnya, Yamaha Fino menggunakan bahan bakar minyak, sedangkan Yamaha Electric ini menggunakan bahan bakar listrik.

 

Sebenarnya, soal motor listrik ini Yamaha sudah melakukan riset sejak 1993. Saat itu Yamaha Motor mulai memasarkan sistem Electrical Support Bicyclepertama yaitu Yamaha PAS (Power Assist System). Sistem tenaga listrik yang dibuat Yamaha digunakan untuk sepeda.

Memang di negara-negara yang warganya gemar bersepeda, seperti Jepang dan beberapa negara Eropa, sepeda yang dibekali listrik menjadi mendapat posisi sebegai genre baru.

 

Kemudian, Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik di tahun 2002 lewat Yamaha Passol. Setelah itu, Yamaha terus melakukan pengembangan. Lalu berturut – turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino di ajang Tokyo Motor Show.

Sepertinya Yamaha telah melihat pangsa pasar di Indonesia untuk motor listrik ini sangat potensial. Karena itu pula, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai anak perusahaan Yamaha Motor Company sedang giat melakukan studi pasar motor listrik di Indonesia.

Video test drive Yamaha Electric:

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: