Buta dan Melek Hukum

gajels

 

BUTA hukum, melek hukum, makelar hukum, kebal hukum, melanggar hukum, taat hukum, mempermainkan hukum dan nggak perduli hukum, lupa hukum serta membolak-balikan hukum. Begitu, banyak soal istilah hukum!

Buta hukum itu bukan terjadi pada orang yang buta, bukan itu maskudnya. Tapi, bisa terjadi kepada siapa saja yang nggak paham, apakah dia si miskin, si kaya, orang bodoh atau orang pintar!

Maka nggak heran, jika seseorang siapa pun yang disebut tadi, kaya raya dan pinter, ketika kena masalah hukum, mereka harus dibantu oleh ahli hukum.

Banyak contohnya kan? Dan, apalagi bagi si buta hukum yang memang benar-benar orang yang bersangutan bodoh dan miskin, artinya boro-boro mikirin hukum, ya karena kehidupannya saja susah!

Tapi ada juga yang sengaja mempermainkan hukum kan? Banyaklah. Misalnya, dari sekian banyak yang lupa, yang nggak mengerti , yang buta, banyak juga yang acuh. Lihat saja dari hal yang kecil, sudah jelas ada tanda larangan membelok, tapi mereka belok di situ, dilarang melawan arus, ya diterobos. Angkutan umum ngetem di tikungan. Hemm, nggak aneh kan?

Dan nggak sedikit yang terjadi kecelakaan, hingga merenggut jiwa. Juga hal-hal lain yang sangat mengganggu banyak orang. Lalu lintas memang sudah macet, tapi mereka malah menambah problem kemacetan?

Itu tadi orang kecil, karena persoalan perut, dengan alasan mengejar setoran, dan seterusnya. Namun, ini bukan satu pembenaran untuk mencapai sesuatu harus melanggar hukum dan merugikan orang lain? Nggak lah ya!

Tapi seperti yang sudah disingung sebelumnya banyak lho, orang yang mengerti dan paham hukum justru mempermainkannya.

Mereka tahu jika korupsi itu melanggar hukum, tapi dilakukan juga. Siapa itu yang melakukan? Ya mereka orang-orang pinter, ‘melek hukum’, dan celakanya mereka itu termasuk yang bikin peraturan hukum! Tapi, begitu kena, dengan berbagai akal-akalan menghindar dan ‘menghilang’. –massoes

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: