Daya Listrik Bakal Naik, Ini Tips Agar Tagihan Tak Jebol

    • Daya Listrik Bakal Naik, Ini Tips Agar Tagihan Tak Jebol

       

      JAKARTA – Listrik sudah jadi kebutuhan hidup. Tanpa listrik, mungkin kita tidak bisa jalani rutinitas.

      Mengingat kebutuhan kita terhadap listrik cukup tinggi, sebagai timbal baliknya kita harus rutin membayar tagihan listrik yang telah digunakan setiap bulannya. Hal yang menjadi masalah belakang ini adalah keluhan atas membengkaknya tarif dasar listrik yang membuat tagihan listrik semakin besar. 

      Hal ini tentu dapat membuat pengeluaran per bulan kita juga ikutan membesar. Selain itu, jika tagihan listrik lebih besar dari sebelumnya, bisa jadi dalam hal penggunaan listrik di rumah tangga juga kurang hemat. 

      Coba lakukan pemeriksaan dulu apakah ada alat elektronik yang selalu tersambung dengan sumber listrik tanpa diketahui Anda? Mungkin itu salah satu penyebab tagihan listrik membengkak.

       
       Hal yang diinginkan sebagian besar orang terhadap tarif listrik ini adalah  ingin agar tagihan listrik bisa lebih hemat. Untuk itu, simak ulasan Cermati.com tips dan cara berikut ini untuk menghemat listrik di rumah.

      1. Gunakan listrik seperlunya

      Sebaiknya Anda menggunakan listrik seperlunya saja. Hindari penggunaan listrik jika tidak sedang dibutuhkan. Selain menghemat pengeluaran, menggunakan listrik seperlunya juga akan membuat energi listrik tidak terbuang sia-sia.

      2. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan

      Menggunakan pendingin ruangan atau AC juga termasuk pemborosan dalam hal pemakaian listrik. Sebaiknya, sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan, jika tidak terlalu panas, dan masih bisa menggunakan angin alami lewat jendela, sebaiknya matikan AC.

      3. Gunakan mesin cuci sesuai kapasitas

      Mesin cuci memang akan mempermudah tugas mencuci kita, dan lebih cepat kering. Namun jika digunakan melebihi kapasitas, pakaian tidak akan kering seluruhnya, yang ada malah daya listrik yang digunakan lebih besar.

      4. Membuat tandon air

      Air merupakan salah satu kebutuhan hidup yang harus selalu ada. Terkadang air yang mengalir di beberapa rumah, akan besar alirannya jika menggunakan bantuan listrik (mesin pompa). Bila ingin lebih hemat, buat Tandon Air untuk menampung air di rumah. Jadi, mesin air tidak sering hidup.

      5. Gunakan lampu hemat energi

      Agar bisa lebih maksimal dalam menghemat energi listrik, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari yang alami untuk mencerahkan keadaan ruangan yang gelap. Jadi, tidak usah selalu menyalakan lampu. 

      Selain itu, gunakan lampu hemat energi yang akan membuat pemakaian listrik menjadi jauh lebih hemat dari bohlam lampu biasa.

      6. Lepaskan charger bila tidak digunakan

      Pemakaian smartphone sepertinya menjadi salah satu hal yang membuat kita sering menyedot energi listrik. Bagaimana tidak? Sejatinya, smartphone nyala menggunakan baterai, jika habis dibutuhkan energi listrik untuk mengisi ulang dayanya. 

      Oleh sebab itu, copot charger bila baterai smartphone sudah terisi penuh. Jangan meninggalkan charger tetap tersambung pada soket listrik.

      7. Coba listrik prabayar

      Jika setelah melakukan beberapa tips dan cara diatas, tagihan listrik Anda masih cukup besar, maka cobalah untuk beralih ke listrik prabayar. Listrik prabayar pemakaianya seperti pulsa telepon. Dengan begitu Anda bisa dengan mudah memantau pemakaian listrik di rumah.

      Atur penggunaan listrik agar lebih hemat

      Walaupun harga tarif dasar listrik terus mengalami peningkatan, kita masih bisa menghemat listrik dengan cara menghemat penggunanya. Gunakan listrik secara bijak, jangan terlalu boros dalam penggunaan listrik yang sebenarnya tidak diperlukan. Bayarlah listrik tepat waktu agar tidak terkena denda. Tagihan listrik Anda akan lebih hemat. (ren)

      Baca Sumber

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: