Kirab Pemuda Tebarkan Tolerasi Keberagaman di Subang

 

Kedatangan peserta Kirab Pemuda Zona 1 ini disambut hangat dan meriah oleh pejabat, masyarakat, dan para pemuda di Kota Nanas itu dalam seremoni penyambutan di Alun-alun Subang, Minggu (27/11) (Istimewa)
 
Subang – Kirab Pemuda 2017 telah sampai di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kedatangan peserta Kirab Pemuda Zona 1 ini disambut hangat dan meriah oleh pejabat, masyarakat, dan para pemuda di Kota Nanas itu dalam seremoni penyambutan di Alun-alun Subang, Minggu (27/11).

Pagelaran Budaya Budaya asli Subang memeriahkan acara penyambutan. Subang menjadi titik ke-16 yang disinggahi Kirab yang diikuti para pemuda-pemudi terbaik dari 34 provinsi di Indonesia tersebut.

Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Prof Dr Faisal Abdullah memimpin para peserta Kirab yang diterima oleh Bupati Subang Imas Aryumningsih yang didampingi oleh jajaran pejabat setempat. Mewakili Menpora Imam Nahrawi, Deputi Pemberdayaan Pemuda mengatakan, para pemuda-pemuda peserta Kirab, telah dan akan mengarungi lautan dan daratan Indonesia untuk menyebarkan semarak dan keharuman keberagaman sebagai takdir yang harus diterima dengan lebih kuat oleh bangsa Indonesia sebagai NKRI.

“Sekarang telah tiba Subang yang menjadi salah satu titik singgah dalam perjalanan mereka,” ujar Faisal.

Dia kembali menegaskan, Kirab Pemuda yang mengusung tagar Berani Bersatu, diharapkan bisa menanamkan rasa cinta kepada Tanah Air serta menumbuhkan rasa toleransi dan menjaga kebersamaan dalam keberagaman. Sebab, keindahan alam dan keragaman yang dimiliki bangsa ini adalah anugerah terbesar dari Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga wajib dijaga dan dirawat.

Bupati Subang, Imas Aryumningsih mengapresiasi kegiatan Kirab Pemuda ini. Sekaligus bangga karena tak hanya menjadi titik singgah acara Kiran, namun juga karena salah satu dari rombongan peserta Kirab ada yang berasal dari Kecamatan Jalancagak Subang, yakni Fikri.

”Kegiatan ini menunjukkan keberanian untuk bersatu. Apresiasi dari pemerintah kepada pemuda untuk mempopulerkan keindahan Indonesia,” kata Bupati.

Kirab Pemuda 2017 yang dilepas Menpora Imam Nahrawi 26 September lalu, diikuti 72 pemuda yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia yang terbagi dalam dua zona. Zona 1 bergerak dari Miangas menuju Sabang, sedangkan zona dua dari Rote Ndao, NTT menuju Merauke dengan menyisir semua provinsi, sebelum kemudian kedua rombongan akan bertemu di Blitar Jawa Timur, yang menjadi puncak Kirab Pemuda 2017, 5-8 Desember mendatang.

Di Subang, rombongan di zona 1 juga akan melakukan dan mengikuti berbagai kegiatan. Diantaranya Pameran Karya Kreatif Pemuda, Pentas Band Indie, Bhakti Sosial, Dialog Kepemudaan, Gerakan Pemuda Membaca Kitab Suci, dan pelatihan.

Sumber: BeritaSatu TV

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: