Bos Pajak Enggan Bicara Karena Realisasi Penerimaan Hanya 70 Persen

Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Ditjen Pajak Yon Arsal, saat Konferensi Pers di Kantor Pusat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (27/11). AKURAT.CO/Denny Iswanto
 
JAKARTA, Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi, enggan menyebutkan sudah sampai mana realisasi penerimaan pajak hingga pertengahan November kali ini.

“Ya pokoknya lebih tinggi dari tahun sebelumnya untuk angkanya saya tidak hafal. Nanti akan kami berikan data dengan sistem satu pintu biar tidak salah,” ujar Ken saat ditemui di Jakarta, Senin (27/11).

Namun ditemui di tempat yang sama Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Yon Arsal, mengaku realisasi penerimaan pajak hingga pertengahan November masih mencapai 70% dari target. Hal ini berarti Pemerintah baru mengantongi sekitar Rp898,52 triliun dari target akhir tahun Rp1.283,6 triliun.

“Sampai pertengahan November sudah 70%. Hingga akhir tahun nanti kami akan memaksimalkan seluruh potensi yang ada. Tapi kami belum bisa memberikan prediksi akan mencapai berapa,” ujar Yon.

Lebih lanjut ia menyebut, pertumbuhan penerimaan pajak juga bisa menyentuh angka 14%, meski di tahun ini tambahan penerimaan dari kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) tidak sekencang tahun lalu.

“Pertumbuhan pajak inj didorong oleh revaluasi aktiva tetap yang dilakukan oleh beberapa Wajib Pajak, sehingga juga ikut mempengaruhi nilai pajak yang dibayarkan.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo, saat dihubungi juga belum bisa memberikan prediksi baru karena belum mendapatkan data terbaru dari Ditjen Pajak.

“Perkiraannya masih sama yakni penerimaan pajak tahun ini mencapai 92% (Rp 1.180,9 triliun) dari target penerimaan dalam APBN-P 2017 sebesar Rp 1.238,6 triliun. Nilai tersebut lebih tinggi dari realisasi tahun 2016 yang sekitar 81,6% (Rp 1.106,0 triliun) dari target Rp 1.355,2 triliun,” ucapnya.

Yustinus juga mengatakan, tahun ini target pajak yang ditetapkan pemerintah sudah baik, tetapi upaya yang dilakukan pemerintah di sektor pajak belum maksimal. Tindak lanjut dari amnesti pajak belum dirasakan masyarakat. []

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: