Maka dari itu berikut ini beberapa fakta rahasia dari pesawat yang sebelumnya hanya diketahui oleh para petugas penerbangan, seperti yang telah dilansir dari laman youtube.com/watch?v=kBeKZ4EeRJ8 (13/10/2017).

1. Merokok Dalam Pesawat

www.pegipegi.com (ilustrasi merokok dalam pesawat)

Alasan utama larangan merokok dalam pesawat adalah untuk mencegah kebakaran dan bahaya asap rokoknya kepada penumpang lain. Tapi tahukah Sobat pada jaman dahulu merokok dalam pesawat itu diperbolehkan dan tak menimbulkan kebakaran. Sebenarnya alasan larangan merokok adalah masalah ekonomi, yang mana asap rokok akan membuat AC dalam pesawat mudah rusak karena harus menyaring asap rokok.

2. Mematikan Ponsel

www.baconini.com (larangan penggunaan ponsel dalam pesawat)

Ponsel yang aktif akan mengkaibatkan kerusakan fungsi pesawat, mungkin itulah alasan yang kita ketahui mengapa ponsel dilarang digunakan dalam pesawat. Namun sesungguhnya itu hanyalah mitos, yang nyatanya ponsel hanya mampu mengganggu signal radio dari menara pusat ke pesawat. Petugasnya sendiri bahkan sering menggunakan ponsel saat penerbangan. Namun alangkah baiknya kita tetap taat pada Undang-Undang untuk menjaga keselamatan.

3. Kode Rahasia Pembajakan

www.boldmethod.com (kode rahasia pada pesawat)

Jika pesawat sedang dibajak, maka pilot akan membuka bagian kecil dari sayap pesawat yang biasanya digunakan untuk memperlambat pesawat saat mendarat. Ini merupakan kode kepada seluruh penumpang kalau pesawat sedang berada dalam bahaya. Dan juga sebagai isyarat kepada pesawat lain yang juga merupakan prosedur setiap pesawat.

4. Nomor Besar Landasan Pacu

tiketturindo.com (nomor landasan pesawat)

Pernahkah Sobat bertanya mengapa ada nomor besar di landasan pacu? Nyatanya ini bukanlah nomor atau kode bandara, tetapi sesuatu yang lebih penting tentang penerbangan pesawat. Tanda tersebut adalah hitungan arah mata angin yang telah disederhanakan menjadi dua digit angka pada run away. Misalnya jika landasan mengarah lurus ke utara maka akan tertulis angka 36, yang berarti 360 derajat tepat di arah utara.

5. Kotak Hitam

sidomi.com (kotak hitam dari pesawat)

Jika Sobat berfikir kotak hitam yang ada pada pesawat tak bisa hancur dan ditambah lagi penemuan kotak hitam yang utuh saat pesawat kecelakaan, sebenarnya kalian salah. Sebenarnya kotak hitam tetap bisa hancur karena tekanan yang tinggi dan panas api. Utuhnya kotak hitam karena letaknya di ekor pesawat dan selalu terhindar dari benturan.

6. Lampu Diredupkan

www.businessinsider.com (peredupan lampu pesawat saat take off)

Saat sedang take off maupun landing lampu pesawat selalu diredupkan, sehingga kita mungkin akan bertanya-tanya mengapa ini harus dilakukan. Lampu yang diredupkan merupakan bagian dari sistem keselamatan seluruh awak pesawat. Hal ini agar simbol atau tanda emergency lebih terlihat jelas. Lampu yang redup seperti ini juga memudahkan penumpang melihat kondisi keadaan di luar pesawat.

7. Masker Oksigen

allsensors.com (contoh penggunaan masker osigen pada pesawat)

Masker Oksigen merupakan benda penting yang harus ada dalam pesawat. Benda ini hanya digunakan saat keadaan darurat. Dan ternyata masker oksigen yang ada dalam pesawat hanya akan berfungsi selama 15 menit saja. Waktu singkat ini sebagai indikator dan penanda bahwa pesawat harus berada di ketinggian yang aman agar seluruh awak dapat bernafas dengan noral kembali.

8. Harga Tiket Karyawan

bisnis.liputan6.com (tiket pesawat)

Banyak dari maskapai penerbangan yang memberikan tiket murah untuk karyawannya, bahkan sampai tiket gratis untuk satu keluarga. Jika ada karyawan yang membeli tiket pesawat di perusahaannya sendiri sejatinya mereka hanya membayar pajak sementara ongkos penerbangannya diberikan secara gratis.

9. Tiket Murah

radarlampung.co.id (tiket murah pesawat terbang)

Semua orang percaya bahwa memesan tiket lebih awal akan memberikan harga tiket yang lebih murah. Namun perlu Sobat ketahui, itu semua tak sepenuhnya benar karena tiket murah hanya bisa dibeli oleh orang pertama membeli pada penerbangan yang sama. Namun jika Sobat ingin mendapatkan harga tiket yang agak murah kalian bisa lakukan observasi pada hari selasa, rabu, dan sabtu, karena pada hari tersebut harga tiket lebih murah dari biasanya.

10. Toilet Pesawat

www.youtube.com/watch?v=kBeKZ4EeRJ8 (ilustrasi cara kerja toilet pesawat yang tak benar)

Maskapai penerbangan di India pernah terjerat karena kasus pembuangan t!nja sembarangan dari udara. Namun otoritas penerbangan internasional mengakui bahwa kebocoran toilet pesawat bisa saja terjadi karena penerbangan dengan manuver yang terlalu ekstrim. Tapi itu hanya bisa terjadi pada era perang dunia ke dua. Dimana pesawatnya masih menggunakan toilet ember yang dijuluki toilet Elsan. Toilet pesawat sekarang telah dilengkapi dengan tangki khusus yang bisa menutup otomatis. Tanki ini diisi dengan ekstensi berwarna biru dan kotoran yang tertampung akan dibuang saat pesawat telah mendarat. Dan saat dipindahkan semua kotoran telah berwarna biru dan dalam keadaan yang membeku, yang biasa disebut dengan kristal biru angkasa.

Nah itu tadi adalah beberapa rahasia tersembunyi pada pesawat yang belum banyak diketahui oleh penumpang, seperti yang pernah dilansir oleh saluran YtCrash. Jadi rahasia mana nih yang baru Sobat ketahui? Semoga ulasan yang saya sampaikan bisa bermanfaat dan memberikan hiburan kepada Sobat semua.

Dan semoga kita tetap diberikan lindungan oleh Tuhan dimanapun kita berada…!

Referensi: http://blog.reservasi.com/karyawan-bocorkan-12-rahasia-maskapai-penerbangan-yang-tak-banyak-diketahui-penumpang/