Jokowi Berhentikan Jenderal Gatot, Kirim Marsekal Hadi Calon Panglima TNI

Fadli Zon

JAKARTA – Presiden Jokowi mengirim surat pemberhentian secara hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan mengusulkan nama Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyerahkan secara langsung surat pergantian Panglima TNI kepada Wakil Ketua DPR Fadli Zon, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/12).

Fadli Zon menegaskan, Presiden Jokowi hanya menyampaikan satu nama terkait calon Pangkima TNI, yakni Hadi Tjahjanto.

“Saya menerima Mensesneg Prof Praktikno, yang menyampaikan surat dari presiden tentang rencana pemberhentian dengan hormat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, juga rencana untuk pengangkatan atau pergantian kepada Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai panglima TNI yang baru,” kata Fadli.

Surat yang diterima Fadli langsung diserahkan kepada Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal DPR Damayanti untuk diproses lebih lanjut.

Fadli mengatakan, pihaknya akan segera membahas surat tersebut. Menurutnya, kebetulan hari ini akan menggelar rapat pimpinan dan rapat badan musyawarah karena ada beberapa agenda penting termasuk program legislasi nasional.

“Dalam surat juga disampaikan keinginan untuk bisa diproses dalam waktu yang tidak lama,” tegas wakil ketua umum Partai Gerindra ini.

Fadli berharap sebelum reses persoalan pergantian ini sudah tuntas. “Pimpinan akan segera berkoordinasi dengan pimpinan Komisi I DPR dan fraksi yang ada dalam Bamus untuk mengagendakan uji kepatutan dan kelayakan,” tegasnya.

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: