Sssst.. Begini Cara Menghapus Malware Dari Smartphone!

 

 
 

TeknoNetwork – Akhir – akhir ini sedang heboh membicarakan tentang virus malware, meskipun tidak seramai waktu dulu. Kini, virus ini membuat para pengguna baik pc, laptop, hingga smartphone khawatir. Nah, jika Anda mulai merasa risau akan keamanan ponsel, coba baca ulasan tips untuk mencegah, mendeteksi, hingga menghapus malware dari smartphone ini, yuk.

  • Cara Mencegah Android dari Malware

Sulit memang, untuk memeriksa apakah file yang kita unduh atau download mengandung malware atau tidak. Tapi, saat malware mulai menyerang smartphone Anda biasanya baterai ponsel cepat habis atau bahkan sering memunculkan iklan. Tak hanya itu, yang perlu diwaspadai adalah ketika virus ini mulai diam –diam mencuri data pengguna.

So, untuk mencegah hal itu terjadi, pertama install aplikasi anti-malware. Kedua, matikan pengaturan yang kemungkinan smartphone Anda memasang aplikasi dari luar play store. Kemudian, perbarui aplikasi setelah updatenya tersedia di Google Play. Lalu, periksa seluruh izin aplikasi sebelum Anda mengunduhnya. Dan yang terakhir, saat menggunakan wifi umum, gunakan VPN unutk melindungi data Anda.

  • Deteksi Malware di Android

Apabila smartphone Anda mulai menunjukkan lemot, baterai cepat habis, hingga terus munculnya pop-up, mungkin ponsel Anda mulai terserang virus atau malware. Nah, untuk mendeteksinya coba ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka Setting, cari Apps for Draw. Kemudian di sini Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memiliki izin untuk berjalan atas aplikasi lain.
  2. Jangan izinkan aplikasi mencurigakan berjalan di aplikasi lainnya, pastikan hapus jika Anda menemukan yang mungkin janggal.
  • Cara Menghapus Malware di Smartphone

Usahakan Anda segera menghapus aplikasi yang mencurigakan. Meskipun begitu, Anda tetap harus menggunakan anti-virus untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus ancaman tersebut.

Pertama, Anda harus uninstall aplikasi yang mencurigakan. Jika tidak bisa dihapus lakukan langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Setting, pilih Security, lalu Device Administrator.
  2. Cabut izin administrator rights pada aplikasi yang akan Anda hapus. Dapat dipastikan juga apabila izin dicabut, maka aplikasi yang mencurigakan bisa langsung Anda

Jika Anda sudah melakukan semuanya, sekarang Anda bisa melakukan pengujian, apakah langkah Anda berhasil atau tidak. Caranya, cukup restart smartphone Anda, dan apabila sudah menyala Anda bisa mencoba apakah smartphone Anda sudah menunjukkan kinerja yang normal kembali atau belum.

Nah, sudah tahu kan cara menghapus malware dari smartphone? So, semoga bermanfaat

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: