Minta kejelasan Kontrak Kerja, 400 warga Desa  geruduk pabrik ban PT. ARAMI JAYA

 

Foto SuaraKonsumen Net.
Warga desa Harjobinangun, Grabag, Purworejo, Jawa Tengah melakukan unjuk rasa di depan PT. Arami Jaya yang memproduksi Ban Dalam yang berlokasi di Jl. Deandels, Desa Harjobinangun, Grabag, Purworejo, Senin 4/1/2017.
 
 

Purworejo, SUKON –Sebanyak 400an warga desa Harjobinangun, Grabag, Purworejo, Jawa Tengah yang di Dampingi Oleh  Agus Triatmoko, SE. SH selaku Pimpinan LPKNI Kabupaten Purworejo melakukan unjuk rasa di depan PT. Arami Jaya yang memproduksi Ban Dalam yang berlokasi di Jl. Deandels, Desa Harjobinangun, Grabag, Purworejo. Demonstran tersebut diantaranya menuntut adanya kejelasan kontrak yang disesuaikan dengan perjanjian awal dengan Pemerintah Desa harjobinangun saat awal akan berdirinya Pabrik Ban Dalam tersebut agar para warga dapat bekerja kembali di pabrik ban tersebut.

Sarkum Nurachman, SH., wartawan Suara Konsumen melaporkan, PT. Arami Jaya yang berada di Desa Harjobinangun, Kecamatan Grabag, kabupaten Purworejo didatangi Kepala Desa Harjobinangun Bapak Heri Purwanto bersama warga yang bergabung bersama pekerja pabrik melakukan unjuk rasa kepada pimpinan perusahaan karena pimpinan dianggap tidak transparan mengenai kontrak kerja atau rekruitmen serta banyak melanggar Pasal 59 ayat  (1) UU No.13 tahun 2003 juncto Pasal 4 ayat (1) dan ayat (2), dan Pasal 9 Kepmenakertrans No. KEP.100/MEN/VI/2004.

Selain itu, demonstran juga menuntut adanya kompensasi terhadap lingkungan yang terdampak baik sarana dan prasarana yang diberikan oleh pabrik kepada lingkungan di desa Harjobinangun.

Dari hasil negosiasi sementara dengan pihak manajemen Pabrik ban, terjadi kesepakatan sementara untuk putusan final atas jawaban manajemen PT. Arami Jaya diberikan pada hari Rabu, tanggal 6 Desember 2017 dan untuk sementara pabrik Off Produksi sampai dengan tanggal tersebut dengan ketentuan karyawan tetap menerima gaji (Sarkum Nurachman, SH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: