japantrendshop.com

Ban bekas bisa dengan mudah kita jumpai di bengkel-bengkel tertentu. Meskipun tampaknya masih bagus, tapi menggunakan ban bekas untuk kendaraan sangat besar risikonya bagi pengendara.

Selain dimanfaatkan kembali untuk kendaraan, ban bekas juga sering kita jumpai saat ada demo yang dilakukan oleh kalangan tertentu. Aksi yang mereka lakukan kadang juga disertai dengan membakar ban bekas yang tak sedikit jumlahnya.

Asap hitam mengepul. Banyak pengendara serta pejalan kaki yang lewat merasa sangat terganggu. Meskipun menjadi hal biasa, tapi, tahukah Anda bahwa membakar ban bekas ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan?

Asap yang ditimbulkan dari proses pembakaran ini ternyata bisa sangat sensitif terutama ketika dihirup oleh orang yang punya riwayat asma. Belum lagi bahaya dampak polusi yang ditimbulkannya.

Berdasarkan penelitian dari AAP (American Academy of Pediatrics) menyatakan bahwa partikel halus dari hasil pembakaran ban ternyata bisa berdampak sangat buruk terhadap jumlah pasien opname dan kematian bagi penyakit hati dan kanker seperti dilansir kompasiana.com (10/04/2012).

Tapi, kebiasaan masyarakat Indonesia membakar ban masih sering terlihat. Padahal, tanpa sadar mereka telah membahayakan nyawa sendiri serta orang lain. Daripada dibakar atau berakhir di tempat sampah, cobalah manfaatkan untuk berbagai macam perkakas rumah seperti kursi misalnya.

Dengan sedikit kreasi dari tangan-tangan terampil, ban bekas bukan hanya bisa disulap menjadi barang dengan nilai manfaat lebih tinggi, tapi juga bisa menjadi sumber mata pencarian.

Seperti yang dilakukan oleh Joko Prasetyo yang merupakan salah satu warga kota Semarang, Jawa Tengah. Beliau berhasil menyulap ban bekas menjadi sofa-sofa cantik seperti dilansir regional.kompas.com (08/10/2017).

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan ban bekas menjadi bendar bernilai, beberapa desain cantik ini bisa Anda coba,

  1. Ban bekas bisa Anda manfaatkan untuk membuat kursi seperti pada gambar di bawah ini. Siapa sangka kursi cantik ini ternyata juga terbuat dari ban bekas yang bagi sebagian orang tidak ada nilainya. Tambahan bantal-bantal bisa mempermanis tampilannya, ya.
decoreeinove.wordpress.com

2. Ban bekas yang awalnya ingin Anda buang, kini bisa disulap menjadi pemanis ruangan. Contohnya dijadikan meja cantik seperti pada gambar berikut. Benar-benar tak tampak seperti barang murahan, ya.

sementigaroda.com

3. Siapa yang tak suka dengan tokoh kartun satu ini? Ya, minions ternyata bisa dibuat dari ban bekas juga, lho. Selain disukai anak-anak, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan alat kebersihan rumah seperti sapu. Menarik untuk dicoba, ya.

idekreatifplus.blogspot.com

4. Pot bunga juga bisa dibuat dari ban bekas, lho. Warna-warna cerah mendominasi kerajinan tangan satu ini. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya semenarik mungkin dengan karakter tertentu yang cocok ditaruh di taman sebagai pemanis.

twowomenandahoe.com

5. Ayunan merupakan salah satu permainan yang cukup banyak digemari oleh anak-anak. Cobalah membuat ayunan dengan ban bekas yang sudah tidak terpakai. Anak-anak pasti akan sangat menyukainya.

lushome.com

Itulah beberapa kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan memanfaatkan ban bekas yang sudah tidak terpakai. Alangkah lebih baik jika kita bisa meminimalisir polusi udara dengan mengubah barang-barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat. Bagaimana, Anda tertarik membuatnya?