Novanto tunjuk Aziz Syamsuddin jadi Ketua DPR, Yorrys nilai berbahaya

Aziz Syamsuddin saat diperiksa KPK. ©2017 merdeka.com/dwi narwoko

JAKARTA – Politisi Partai Golkar, Yorrys Raweyai tak setuju dengan cara Ketua Umum nonaktif Partai Golkar Setya Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai ketua DPR menggantikannya. Yorrys menilai wacana tersebut bermuatan politis mempertahankan kekuasaan dengan cara tidak etis.

Yorrys mengatakan pemilihan Aziz cukup membahayakan bagi kelangsungan Partai Golkar di tahun politik. Sebab, pengusungan Aziz menjadi ketua DPR tidak melalui mekanisme partai politik. Terlebih lagi, pengusung Aziz tidak lain Setya Novanto dengan notabene tersangka sekaligus tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK) atas kasus korupsi proyek e-KTP.

“Ada kekuatan yang ingin mempertahankan kekuasaan yang melindungi koruptor, ini bahaya sekali. Lalu organisasi apa yang dipahami, apalagi dia (Setya Novanto) dalam status dipenjara, kalau DPR menerima itu kan lucu,” ujar Yorrys saat menghadiri sarasehan pembaharuan Partai Golkar, Jakarta Selatan, Minggu (10/12).

Lebih lanjut Yorrys juga mengingatkan DPR agar tidak terburu-buru menindaklanjuti surat penunjukan Aziz untuk mengisi kekosongan kursi ketua DPR saat ini. Dia mengatakan keputusan siapa yang bakal menduduki kursi ketua DPR merupakan wewenang penuh Partai berlambang pohon Beringin tersebut.

Dia mengingatkan, jika DPR menindaklanjuti wacana tersebut, citra sebagai lembaga tinggi negara menjadi taruhannya. “Yang jelas itu tidak boleh terjadi karena akan merusak citra DPR dan Golkar,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengakui ada surat penunjukan Ketua Banggar Azis Syamsuddin sebagai Ketua DPR oleh Setya Novanto. Namun belum ada surat resmi yang diterima oleh pimpinan.

“Jadi itu adalah tentang status terakhir dari Pak Novanto. Memang ada informasi resmi tapi belum tertulis dari pihak keluarga beliau bahwa beliau sudah tandatangan pengunduran diri,” ujar Fahri melalui pesan singkat diterima wartawan, Minggu (10/12). [noe]

Baca Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: