Hari Ini Imunisasi Difteri Serentak di Jakarta, Jabar dan Banten

Hari Ini Imunisasi Difteri Serentak di Jakarta, Jabar dan Banten

 
Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphteriae dan dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak.

Jakarta, Jabar dan Banten telah menetapkan KLB penyakit Difteri. Tiga kota ini menjadi prioritas imunisasi difteri karena jumlah kepadatan penduduk sehingga diprediksi penularan penyakit tersebut lebih cepat. Sementara provinsi lain akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Status KLB ini sebenarnya masih dalam tahap early warnning guna mengantisipasi penyakit itu tidak mewabah. Untuk itu perlu dilakukan respons Outbreak Response Immunization (ORI). 

“Tahap pertama 11 Desember (hari ini) di 3 tempat Banten, Jawa Barat, dan DKI, karena prioritas melihat kepadatan penduduk, tingkat penularan bisa terjadi lebih cepat. Bukan berarti yang lain tidak tapi yang lain akan dilakukan setelah 2018,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Oscar Primadi.

Masyarakat juga diimbau tidak ragu-ragu lagi melaksanakan imunisasi tersebut. “Makanya kita harus cegah dengan imunisasi dulu nggak ada cara lain, harus lengkap, komplit dan tuntas. Datang ke Posyandu, Puskesmas, atau fasilitas kesehatan gratis kok,” kata Oscar.

Imbauan senada juga disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengimbau warga DKI Jakarta untuk tak ragu mengikuti program Outbreak Respon Imunization (ORI) untuk penyakit difteri.

“Saya ingin mengimbau seluruh warga jangan ada keraguan ikut imunisasi difteri karena ini udah KLB. Udah kejadian luar biasa,” kata Sandi kepada detikcom, di Kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Minggu 10 Desember 2017.

Pencanangan program tersebut akan dilakukan di SMA N 33 Cengkareng, Jl Kamal Raya No. 54 Cengkareng, Jakarta Barat. 

Ayo imunisasi… 
(aan/nvl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: