Kongres Internasional ISO COPOLCO 2018 Resmi Akan diselenggarakan di Bali

Ketua Steering Committee ISO COPOLCO 2018, Nanang Nilson.S.H.,M.H saat memberikan keterangan kepada wartawan pada acara Press Conference di Nusa Dua, Bali, Selasa (6/2). Foto : Dok kabardenpasar.com

NUSA DUA,SUKON – Indonesia resmi menjadi penyelenggara Kongres tahunan ISO COPOLCO 2018. Kepastian penyelenggaraan kongres internasional ini disampaikan oleh ketua Steering Committee kongres, Nanang Nilson,S.H.,M.H.  Menurut Nanang Nilson, kongres yang akan diselenggarakan di Bali ini

“Kongres ini akan dilaksanakan pada tanggal 7-11 Mei 2018 mendatang, “, kata Nanang Nilson di hadapan para jurnalis pada konferensi  pers di Nusa Dua Convention Centre (BNDC), Bali,  Selasa siang (6/2/2018).

Kongres yang akan dihadiri oleh sekitar  4000 orang delegasi dari 147 negara di seluruh dunia tersebut, akan mengusung tema regulasi transportasi jasa berbasis online.

Sebagai perwakilan resmi Indonesia di ISO COPOLCO di Jenewa, Swiss, Nanang Nilson yang juga menjabat sebagai Presiden Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI)  menyatakan bahwa pihaknya telah sepakat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk menggelar Event Internasional tersebut.

Nanang Nilson mengungkapkan bahwa kongres ini akan membawa isu hangat dengan tajuk”Perlindungan Konsumen terhadap Perdagangan Jasa dan Barang secara Online”. 

Pada kesempatan tersebut, Nanang Nilson mengatakan bahwa saat ini perlu diciptakan aturan hukum yang jelas untuk melindungi konsumen yang menggunakan jasa online baik itu perdagangan barang, maupun jasa transportasi serta layanan online lainnya.

“Hal ini untuk memastikan agar konsumen tidak dirugikan oleh para pelaku usaha”, terang Nanang Nilson.

Sebelum digelarnya Kongres Internasional ISO COPOLCO 2018, pada tanggal 1- 5 Mei akan diadakan Kongres Nasional Perlindungan Konsumen dengan peserta berasal elemen pemerintahan dan lembaga perlindungan konsumen dari seluruh Indonesia, dengan mengangkat tema yang serupa.

Menurut rencana, acara kongres internasional ini akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo. Disamping itu, sejumlah menteri juga akan menjadi pembicara dalam acara ini. Beberapa menteri yang direncanakan hadir untuk menjadi pembicara dalam kongres ini adalah Menteri Perindustrian, Menteri Perhubungan RI dan juga dari Badan Standarisasi Nasional (BSN).

“Selama ini perdagangan barang dan jasa online belum ada regulasi yang dapat mengaturnya ,” kata Nanang Nilson 

“Untuk itu, saya berharap agar kongres nasional dan internasional ini akan menghasilkan sebuah resolusi yang nantinya akan menjadi sebuah aturan baku tidak hanya di Indonesia,tapi juga bisa diterapkan di negara – negara lain di Dunia,” pungkas Nanang Nilson. (right)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: