Anda merasa dirugikan Perbankan, Silakan Mengadu ke LPKNI

Foto Usep Jamal.

 
Bandung, Masyarakat yang merasa menjadi korban kebijakan perbankan kini bisa mengadu ke Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI). Selain memperjuangkan hak – hak konsumen terkait pelayanan barang dan jasa pada umumnya, LPKNI juga secara intensif membantu menyelesaikan permasalahan antara nasabah dengan penyedia jasa keuangan. 

Selama ini LPKNI di seluruh Indonesia telah banyak menerima pengaduan terkait buruknya pelayanan bank terhadap nasabah. Contohnya masalah layanan kredit, kartu kredit, lelang, dan lain – lain.

Pimpinan LPKNI Provinsi Jawa Barat, Rahmat Mulyana mengatakan banyak orang tidak memahami problem yang terjadi terkait prosedur yang mesti dilakukan dengan kebijakan pemerintah atau pemegang otoritas di sektor keuangan dan perbankan.

“Jadi tidak sedikit nasabah bank yang tidak bisa berbuat banyak dalam menghadapi permasalahannya terkait kerugian nasabah akibat buruknya pelayanan perbankan,” ujar Rahmat Mulyana saat ditemui di Gedung LPKNI Jabar, Bandung, Senin (12/3/2018).

Rahmat Mulyana menyebut bantuan hukum yang ditangani LPKNI dalam sejumlah kasus perbankan. Baik yang melibatkan nasabah dan bank, maupun karyawan dengan banknya sendiri.

Kasus-kasus itu antara lain:

1. Sengketa antara nasabah dengan Bank, Finance/Leasing, atau koperasi.

2. Kasus kriminalisasi nasabah karena bermasalah dengan kredit dan kartu kredit.

3. Kasus perampasan atau penyitaan atau lelang jaminan secara ilegal atau melanggar hukum

“Tentu maraknya kasus-kasus seperti itu membuat geram dan resah para nasabah. Jelas kasus-kasus itu sangat merugikan hak dan kepentingan nasabah,” ujar Rahmat

Karena itu, lanjut Rahmat Mulyana, masyarakat diminta untuk tidak takut menyampaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan tindakan sewenang-wenang bank. Baik itu bank BUMN-BUMD, maupun bank swasta.

Adapun, masyarakat di wilayah Jawa Barat dan sekitarnya yang merasa menjadi korban atau hendak berkonsultasi, bisa menghubungi telepon pengaduan LPKNI Jawa Barat di nomor 082126003301, 082317515170, atau 081220363899. (right)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: