Indonesia Kembali Diguncang Bom, Sejumlah Negara Keluarkan Travel Warning

 

 
doc. galamedianews

Menyusul aksi bom bunuh diri di gereja dan mapolrestabes yang mengguncang Surabaya, Minggu dan Senin (13-14/5/18) sejumlah negara mengeluarkan travel advice bagi warganya yang tengah berada di Indonesia.

Berbeda dengan travel warning yang berupa larangan bepergian ke negara tertantu, travel advice lebih merupakan saran terkait keamanan termasuk nomor penting yang bisa dihubungi serta up-date peristiwa terbaru.

Dikutip dari Express.com, sejauh ini Inggris sudah mengeluarkan imbauan bagi warga yang sedang berada di Indonesia. “Pada 13 Mei 2018 terjadi ledakan di tiga gereja di Surabaya di Jawa Timur yang menyebabkan sejumlah kematian dan korban jiwa. Kedutaan Besar melakukan kontak dengan pihak berwenang setempat. Jika Anda berada di area tersebut, Anda harus memantau media lokal, berhati-hati, dan mengikuti saran dari otoritas lokal.”

Selain Inggris, Amerika Serikat dan Australia juga merilis saran serupa. “Warga Australia diingatkan akan risiko yang semakin meningkat menjelang dan selama Ramadan (pertengahan Mei – Juni 2018). Saran kami tidak berubah. Waspada dengan berbagai peringatan di daerah Indonesia, termasuk Bali. Tingkatan saran yang lebih tinggi berlaku di beberapa bagian negara.” Demikian kutipan situs resmi Australia, Department of Foreign Affairs and Trade.

Sedangkan Kedutaan Amerika Serikat meminta warga AS yang berada lokasi untuk tidak hanya mencari tempat perlindungan, tapi juga memastikan perencanaan keamanan, memperbarui informasi dari media lokal, dan tetap waspada. Dari empat level travel advice hingga kini Amerika Serikat memberlakukan travel advice level dua.

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: