Serangan Jantung Bisa Diprediksi, Kapan?

Jakarta – Kemungkinan orang terdekat seperti orang tua atau mungkin kita sendiri bisa mengalami serangan jantung. Serangan jantung bisa menyebabkan kematian mendadak apabila tidak segera mendapatkan penanganan.

Menurut dokter dan direktur Klinik Jantung Wanita Mayo Clinic, dr Sharonne Hayes, MD, kapan waktu yang memungkinkan serangan jantung terjadi bisa diprediksi.

“Banyak orang yang terbangun karena serangan jantung pada pukul empat pagi,” ujarnya dikutip dari Health.

Serangan jantung banyak terjadi di pagi hari karena saat itu trombosit dalam darah sangat lengket dan rentan untuk membentuk suatu gumpalan. Namun tidak semua serangan jantung hanya terjadi di pagi hari.

dr Hayes menganjurkan apabila seseorang terkena serangan jantung untuk segera di bawa ke dokter atau rumah sakit agar sesegera mungkin mendapatkan penanganan yang baik.

Karena di Amerika Serika, satu orang meninggal karena serangan jantung setiap tiga setengah menit. Ini dikarenakan tidak cepatnya mendapatkan penanganan baik.

Untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari serangan jantung, ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP mengatakan bahwa dengan olahraga ringan seperti jalan cepat baik untuk melancarkan aliran darah. 

“Olahraga aerobik seperti jalan cepat (jogging) secara rutin oleh orang sehat dapat menurunkan angka kejadian penyakit kardiovaskular dan menekan faktor-faktor risiko kardiovaskular lainnya,” ujarnya kepada detikHealth.

BACA SUMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: