Susah Puasa karena Mag? Begini Solusinya

Jakarta – Maag seringkali menjadi faktor seseorang terpaksa tidak berpuasa karena terjadinya peningkatan asam lambung yang tak terduga. Itulah mengapa kadangkala mereka yang punya riwayat penyakit mag susah untuk menjalankan puasa, meski hanya puasa sunnah senin dan kamis.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam, dr Muhammad Anshory, SpPD atau yang akrab disapa dr Anshory, sebelum seseorang yang memiliki riwayat sakit mag melakukan puasa, ada hal-hal yang harus diperhatikan, antara lain pola makan dan juga obat-obatan.

“Pola makan antara lain pada saat berbuka, hindari makanan yang memicu munculnya gejala mag, seperti makanan berlemak, asam, pedas, teh atau kopi, dan minuman bersoda,” terangnya saat dihubungi detikHealth.

Baca juga: Beda Sakit Mag, GERD dan Tukak Lambung

Selain itu, lanjut dr Anshory, dianjurkan makan dalam porsi kecil dan dibagi dalam beberapa kali makan dibandingkan makan dalam suatu waktu dalam jumlah yang besar.

dr Anshory menegaskan, pada orang-orang dengan produksi asam lambung yang tinggi dianjurkan pula untuk meminum obat-obatan untuk mengurangi produksi asam lambung terutama saat sahur sehingga dapat berpuasa dengan tenang.

“Namun bila nyeri lambung tidak tertahankan, maka tidak ada pilihan lain selain berbuka puasa, terutama pada orang-orang yang memiliki tukak lambung,” pungkas dr Anshory.

Baca juga: Hindari Mag Buat yang Sibuk Bekerja (hrn/up)

Sumber : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: