Bahaya! Jangan tidur selepas makan sahur

Sukon – Tidur sehabis makan sahur menjadi sebuah kebiasaan bagi sebagian orang. Terkadang kita dapat merasa sangat mengantuk sehabis sahur dan ingin langsung tidur. Namun tahukah anda bahwa tidur selepas makan sahur merupakan hal yang menurut ilmu kesehatan tidak boleh dilakukan karena hal ini disebutkan justru dapat menimbulkan beberapa penyakit. Mengapa begitu?

Nabi Muhammad SAW telah memberikan tuntunan bahwa makan sahur jangan ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya jadi sampai menjelang subuh atau waktu imsak.

Logikanya, setelah sahur langsung dilanjutkan ibadah salat subuh dan wirid yang cukup panjang maka matahari telah terbit dan sudah waktunya untuk bekerja.

Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Dilansir Klikdokter.com, setelah kita mengkonsumsi makanan, sistem pencernaan kita membutuhkan beberapa waktu untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang ada di dalam makanan dengan baik.

Berkaitan dengan ini, ada beberapa jenis makanan yang bisa dicerna dengan mudah contohnya adalah nasi atau kentang, namun ada beberapa jenis makanan yang lama untuk dicerna seperti daging dan makanan gorengan.

Kondisi semakin diperparah ketika makanan belum tercerna dengan baik di perut, namun kemudian kita tidur. Pasalnya, sistem pencernaan kita juga melambat saat tidur.

Dari kondisi tersebut, muncul beberapa penyakit yang berisiko timbul apabila kita langsung tidur habis makan, yakni:

– Nyeri Ulu Hati

Tidur terlentang setelah makan merupakan hal yang sering dilakukan oleh kita karena tak dapat dipungkiri, rasanya sangat nyaman.

Namun ternyata hal ini justru membuat sistem pencernaan kita sulit untuk bekerja. Terkadang dapat muncul nyeri panas di daerah ulu hati. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung.

Rasa panas ini bisa menyebar ke dada dan tenggorokan sehingga dapat menggangu tidur dan dapat memicu timbulnya penyakit GERD dan maag.

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkongan.

Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada. Apabila Anda sudah memiliki GERD maka langsung tidur sehabis makan dapat memicu timbulnya hal ini.

Jadi, tidur sehabis sahur atau bahkan berbuka puasa bisa menimbulkan beberapa macam penyakit dari refluks, konstipasi hingga kembung.

Artikel ini telah disadur dan diedit dari sumber tribunjabar.id dengan judul Awas Bahaya! Jangan Tidur Sehabis Sahur, Ini Penjelasan Medisnya, http://jabar.tribunnews.com/2015/06/18/awas-bahaya-jangan-tidur-sehabis-sahur-ini-penjelasan-medisnya.
Editor : Erix Right

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: