Minimarket Semakin Menjamur. Bagaimana nasib para pedagang tradisional?

Sukon – Praktek monopoli usaha yang diduga masih dilakukan oleh Alfamart dan Indomart sangat meresahkan pengusaha kecil, dengan semakin banyaknya gerai toko modern, sehingga para pedagang di pasar tradisional dibuat sepi dan toko kelontong dibuat tak berkutik.

 

Apalagi jarak yang terlalu dekat dan tidak mengindahkan peraturan pemerintah, dalam peraturan perundang-undangan termasuk dalam pengertian “Toko Modern”.

 

Peraturan mengenai toko modern diatur dalam (Perpres No. 112 Tahun 2007) tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern (“Perpres 112/2007”). Pengertian toko modern menurut Pasal 1 angka 5 Perpres 112/2007 adalah toko dengan sistem pelayanan mandiri, menjual berbagai jenis barang secara eceran yang berbentuk Minimarket, Supermarket, Department Store, Hypermarket ataupun grosir yang berbentuk Perkulakan. Setiap toko modern wajib memperhitungkan kondisi sosial ekonomi mayarakat sekitar serta jarak antara toko modern dengan pasar tradisional yang telah ada (Pasal 4 ayat (1) Perpres 112/2007) (iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: