Tidak jauh berbeda dengan lembaga bank, relaksasi kredit leasing juga berkaitan dengan potongan nilai pokok cicilan, perpanjangan masa tenor, dan penurunan suku bunga.

Namun ada satu instruksi khusus dari OJK terhadap perusahaan leasing agar tidak menarik kendaraan bermotor oleh debt collector. Larangan penarikan kendaraan ini ditujukan kepada debitur yang bermasalah dan terdampak COVID-19. Dengan catatan bahwa debitur harus datang ke kantor leasing dan mencari kesepakatan bersama untuk penjadwalan ulang angsuran.

Aturan ini diharapkan memberikan kesempatan kepada masyarakat yang bermasalah untuk melakukan restrukturisasi kredit. Debt collector dihentikan agar restrukturisasi ini berjalan dengan baik. Sehingga debitur yang bermasalah harus proaktif untuk datang ke kantor leasing.

Pelarangan penarikan kendaraan ini juga dilakukan OJK untuk investigasi adanya debt collector yang melakukan penagihan tanpa diketahui leasing. Ketika ada debt collector yang melakukan penagihan dan ingin menarik kendaraan, masyarakat bisa menyampaikan langsung kepada perusahaan leasing. Sehingga debt collector tersebut bisa ditindak langsung oleh leasing. Baca Selanjutnya Bagaimana Cara Mendapatkan Program Relaksasi Kredit Ini

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *