Pernyataan presiden terkait penundaan pembayaran cicilan hutang merupakan program relaksasi kredit untuk masyarakat terdampak COVID-19. Peraturan OJK Nomor 11/POJK.03/2020 berisi tentang kebijakan countercyclical atas dampak ekonomi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

Penundaan cicilan yang diartikan sebagian besar masyarakat tidak sepenuhnya sesuai dengan harapan. Penundaan yang dimaksud bukanlah adanya pembebasan kewajiban membayar cicilan selama satu tahun. Melainkan hanya keringanan atau relaksasi pembayaran kredit.

Kelonggaran tersebut seperti pengurangan cicilan pokok, penambahan masa pembayaran, penurunan suku bunga, fasilitas kredit, dan konversi kredit sebagai modal sementara.

Dalam kebijakan ini masyarakat kecil menengah termasuk UMKM bisa mendapat kelonggaran kredit hingga 1 tahun. Jangka waktu tersebut disesuaikan dengan asesmen yang dilakukan pihak bank atau lembaga keuangan non-bank.

Pihak debitur yang mendapat program tersebut dikhususkan untuk para pekerja informal seperti ojek, pedagang, supir, dan berbagai profesi lainnya. Semua sektor perekonomian yang terdampak seperti pariwisata, pertanian, dan berbagai sektor lainnya juga bisa mendapatkan relaksasi kredit tersebut.

Aturan ini merupakan perlakuan khusus bagi para debitur yang terdampak langsung maupun tidak langsung atas COVID-19. Pemberian kelonggaran pembayaran kredit ini diberikan kepada para debitur dengan nilai di bawah Rp 10M. Sehingga memang dikhususkan bagi masyarakat kecil dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sedangkan para kreditur yang harus memenuhi aturan tersebut adalah semua lembaga perbankan berupa bank maupun industri keuangan non-bank. Sehingga bagi masyarakat yang mempunyai tanggungan cicilan sepeda motor dari leasing, juga bisa mendapatkan kelonggaran tersebut.

Aturan POJK ini berlaku mulai dari Maret 2020 hingga Maret 2021. Namun masa relaksasi yang diberikan oleh pihak kreditur bergantung pada penilaian aset masing-masing personal. Sehingga masyarakat ada yang akan mendapatkan relaksasi selama 3, 6, 9 bulan, atau hingga satu tahun. Baca Selanjutnya Mekanisme Relaksasi Kredit di Lembaga Keuangan Bank dan Non-Bank

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *