Pinjaman online atau financial technology (fintech) peer to peer lending adalah fasilitas peminjaman uang yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan (Penyedia pinjaman atau kreditur) yang beroperasi melalui online dengan bantuan teknologi informasi. Keuntungan dari menggunakan pinjaman online ini karena proses pinjam meminjam termasuk cepat jika dibandingkan dengan perbankan, persyaratan administrasi lebih mudah, tidak perlu ke kantor perusahaan (komunikasi dan penandatanganan perjanjian dilakukan dengan online), bisa mengajukan pinjaman dengan nominal kecil dan lain-lain.

Berbicara mengenai pinjaman online, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pinjaman online. Jenis pinjaman online yang dapat kita ajukan yaitu:

  1. KTA. Kredit Tanpa Agunan adalah produk pinjaman online pribadi yang tidak mensyaratkan agunan/jaminan atas kredit yang diajukan nasabah. Pada umumnya penyedia aplikasi atau jasa pinjaman dana online menjadikan kepemilikan kartu kredit sebagai syarat utama pengajuan KTA.
  2. Kredit Karyawan. Pinjaman karyawan adalah produk yang dirancang khusus bagi karyawan yang aktif bekerja di sebuah instansi, perusahaan, badan usaha maupun Lembaga. Syarat utama pinjaman ini di antaranya SK Pengangkatan PNS/Pegawai Tetap, rekomendasi pejabat/atasan yang berwenang dan slip gaji.
  3. Kredit Kendaraan. Saat ini kredit mobil maupun motor dapat diajukan secara online. Syarat utama pinjaman ini di antaranya adalah slip gaji, memiliki tempat tinggal sendiri dan uang muka (DP) sesuai ketentuan.
  4. KPR. Kredit Pemilikan Rumah adalah fasilitas pinjaman bagi nasabah yang ingin membeli rumah dengan cara mencicil. Sejumlah fintech yang bekerjasama dengan bank juga telah menyediakan fasilitas KPR online.
  5. Pinjaman usaha. Kredit usaha adalah pinjaman dengan tujuan permodalan usaha.

Yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman online:

  • Pertimbangkan terlebih dahulu perlu atau tidak meminjam melalui lembaga keuangan, karena perlu diingat bahwa lembaga keuangan mengambil keuntungan dari pinjaman yang akan diambil oleh debitur
  • Jika memang harus meminjam, pastikan terlebih dahulu nominal yang akan dipinjam dan sesuaikan dengan kebutuhan
  • Bandingkan dan pilih aplikasi pinjaman online yang paling menguntungkan, tidak memberatkan dan sesuaikan¬† dengan kemampuan membayar angsurannya
  • Pastikan penyedia jasa pinjaman online tersebut telah terdaftar resmi melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lembaga keuangan penyedia jasa pinjaman online yang dipilih mestilah harus terdaftar resmi melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang legal secara hukum di Indonesia. Hati-hati, saat ini masih banyak perusahaan penyedia jasa pinjaman online yang masih belum terdaftar di OJK atau illegal. Perusahaan-perusahaan inilah yang sering melakukan pelanggaran terhadap debitur yang lalai atau wanprestasi atas kreditnya. Berikut adalah daftar perusahaan-perusahaan penyedia jasa pinjaman online (fintecht lending) yang terdaftar di OJK, cek di sini

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *