SITUBONDO (Sukon) – Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (LPKNI) Perwakilan Jawa Timur, melakukan road show kesejumlah daerah di kawasan tapal kuda. Kegiatan ini dilaksanakan, untuk memastikan pengurus LPKNI di tingkat kabupaten/kota tetap menjalankan fungsi pengawasan terhadap peredaran produk barang dan jasa di tengah pandemi covid-19.

Kepala LPKNI Jawa Timur, Perhatian Marpaung, mengatakan, road show akan berlangsung selama sepekan, mulai 1 Juli 2020. Diantaranya ke wilayah Jember, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, dan sejumlah daerah lainnya. “Kali ini untuk memberi semangat pengurus LPKNI di sejumlah daerah. Kita berharap fungsi pengawasan barang dan jasa, terus berjalan meski dihantui ancaman corona,” katanya, Selasa (02/06/2020) siang.

Pandemi Corona, lanjut pria berkamata itu, tidak boleh melemahkan fungsi pengawasan terhadap peredaran produk barang dan jasa. “Kita tetap berupaya memastikan terpenuhinya hak-hak konsumen. Seperti barang dan makanan layak pakai dan konsumsi,” tegasnya.

Dalam road show di hari ke tiga di Situbondo, LPKNI Jawa Timur, juga menyampaikan kembali hak para konsumen. Yakni

  1. Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan jasa.
  2. Hak untuk memilih barang atau jasa serta mendapatkan barang atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.
  3. Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.
  4. Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.
  5. Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen
    secara patut.
  6. Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
  7. Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.
  8. Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi/penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima
    tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Sementara itu, pentolan LPKNI Situbondo, H. Mas’ud, mengatakan, kunjungan LPKNI Jawa Timur, ke kotanya secara moral memberi semangat pengurus LPKNI di daerah. “Kita mendapat suport luar biasa. Ada banyak hal penting yang dibicarakan pengurus LPKNI Situbondo, dengan LPKNI Jawa Timur,” katanya. Salah satu yang menjadi bahasan, terang Mas’ud, soal ketersediaan bahan baku industri kecil menengah hasil sumber daya alam Situbondo. “Kita juga intensif bahas persaingan usaha. Ini bertujuan untuk menjamin kualitas barang dan jasa produk lokal, yang beredar di Situbondo,” pungkasnya. (Eko)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *