Berbicara mengenai kredit maka yang akan terpikirkan oleh masyarakat umum adalah utang piutang dengan bank dan lembaga-lembaga lain yang serupa. Berkaitan dengan kredit kendaraan bermotor, sering kali kita dengar istilah leasing dan juga finance, masyarakat umum seringkali menyamakan kedua istilah ini. Namun ternyata pada kenyataannya makna dan praktek dari kedua istilah tersebut sangatlah berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat bacaan di bawah ini.

Leasing

Secara harfiah, leasing berasal dari bahasa Inggris (Lease) yang artinya menyewakan. Leasing (sewa guna usaha) adalah kegiatan pembiayaan oleh bank atau lembaga dan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang-barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu, berdasarkan pembayaran secara berkala disertai dengan hak pilih (options), yaitu hak dari perusahaan pengguna barang modal untuk mengembalikan atau membeli barang modal yang disewa pada akhir jangka waktu perjanjian leasing.

Seseorang yang mengajukan leasing harus melakukan pembayaran secara berkala dengan disertai hak kepemilikan setelah semua pembayaran telah selesai dilunasi, bukan kredit tetapi membayar biaya sewa. Karena namanya sewa guna usaha, maka pihak-pihak utama yang terkait yakni ada penyewa (Lesse) dan ada pemberi sewa (Lessor). Lessor memberikan jasa pembiayaan kepada lesse dalam bentuk barang modal. Barang modal tersebut akan diatasnamakan pemberi sewa (Lessor) sehingga penyewa (Lesse) hanya tinggal menggunakan barang sewaannya tanpa memikirkan resiko kepemilikan seperti kerusakan, perawatan, hingga pajak.

Finance

Finance (Consumers Finance) atau biasa disebut dengan Pembiayaan Konsumen adalah suatu lembaga yang dalam melakukan pembiayaan pengadaan barang untuk kebutuhan konsumen dilakukan dengan sistem pembayaran secara angsuran atau berkala dan tidak disertai dengan hak opsi. Dalam melaksanakan kegiatan usaha dan dalam mengelola risiko, Perusahaan Pembiayaan Konsumen melakukan pengaturan Jaminan Fidusia atas barang yang dimiliki konsumen.

Dari Pengertian kedua istilah tersebut dapat disimpulkan bahwa Leasing dan Finance adalah berbeda. Lalu apa saja persamaan dan perbedaan antara Leasing dan Finance.

Antara Leasing dengan Consumers Finance memiliki persamaan yakni :

  1. Leasing dan pembiayaan konsumen, sama – sama melakukan kegiatan pembiayaan bagi orang atau badan usaha lainnya.
  2. Sama – sama merupakan lembaga pembiayaan yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal.
  3. Sama – sama tidak menarik dana secara langsung dari masyarakat. Tidak menarik dana secara langsung artinya tidak mengambil uang secara langsung dari masyarakat (Non Depository Financial Institusion) baik dalam giro maupun deposito.
  4. Badan Hukum, yaitu Perusahaan pembiayaan yang khusus didirikan untuk melakukan kegiatan yang termasuk dalam bidang usaha lembaga pembiayaan.
  5. Sama – sama terdapat perjanjian dan ketentuan – ketentuan yang disepakati oleh para pelaku transaksi.
  6. Proses transaksinya tidak berbelit – belit.
  7. Pihak yang menfasilitasinya dan Lembaga pembiayaan mewujudkan dengan bantuan dana.
  8. Sistem pembayaran secara berkala yang sesuai dengan perjanjian sebelumnya

Sedangkan perbedaan antara Leasing dengan Consumers Finance adalah sebagai berikut :

Leasing Pembiayaan Konsumen
Disertai hak opsi Tidak disertai hak opsi
Pihak-pihak : Lessor adalah perusahaan leasing atau pihak yang memberikan jasa pembiayaanLesse adalah perusahaan atau pihak yang memperoleh pembiayaan Supplier adalah perusahaan atau pihak yang mengadakan atau menyediakan baranguntuk dijual kepada lesse dengan pembayaran secara tunai oleh lessorBank adalah suatu perjanjian atau kontrak leasing, pihak bank atau kreditor tidak terlihat secara langsung dalam kontrak tersebut, namun pihak bank memegang peranan dalam hal penyediaan, dana kepada lessor, terutama dalam mekanisme leverage lease Pihak-pihak : Perusahaan Pembiayaan atau Multifinance adalah pihak Penyedia Jasa PembiayaanDealer/Merchant adalah pihak Penyedia atau Penjual barang-barang yang dibutuhkan debiturDebitur/Konsumen adalah pihak Pembeli barang-barang dealeryang membutuhkan jasa pembiayaan dari multifinance
Lessor akan membayar kepada supplier barang modal yang dibutuhkan lesse, dan lesse akan membayar secara berkala kepada lessor. Waktunya sesuai perjanjian lesse dan lessor Lembaga pembiayaan akan membayar barang keperluan konsumen dan konsumen akan membayar kembali secara angsuran atau berkala
Objek leasing adalah benda – benda yang diperlukan dan digunakan untuk menjalankan perusahaan.   Contoh: mesin-mesin peralatan untuk pabrik, alat-alat berat seperti Excavator, Buldozer untuk perusahaan tambang, dll. Objek dari pembiayaan konsumen adalah barang-barang bergerak, kebutuhan dari konsumen yang akan dipakai untuk keperluan hidup Contoh: mobil, sepeda motor, peralatan elektronik rumah tangga dll.
Kepemilikan Objek atas nama Lessor atau Pemberi sewa Kepemilikan Objek atas nama Debitur, namun surat-surat kepemilikan di simpan oleh Kreditur/Perusahaan Pembiayaan

Dari uraian singkat sebagaimana tersebut di atas, maka kita TIDAK lagi akan membuat pernyataan : “… Leasing itu sama dengan Finance … atau … Kredit Kendaraan melalui Leasing…

Oleh karena pembelian kendaraan pribadi secara angsuran hanya dapat dilalui melalui Lembaga Pembiayaan bukan leasing. Selain itu alasan mengapa tidak bisa menggunakan leasing terhadap kendaraan bermotor dikarenakan adanya aturan pemerintah yakni Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam undang-undang tersebut mengatur mengenai adanya pajak progresif kendaraan bermotor. Sehingga semakin banyak kepemilikan kendaraan bermotor maka semakin bertambah tinggi pula pajak kendaraan tersebut.

Sedangkan dalam sistem Lembaga pembiayaan Leasing, setiap objek sewa kepemilikannya atas nama Lessor atau perusahaan pembiayaan. Bisa dibayangkan berapa besar biaya pajak yang harus dikeluarkan oleh perusahaan jika banyak orang yang menggunakan leasing untuk kendaraan bermotor. Oleh karena itu, perusahaan yang memberikan angsuran kendaraan bermotor adalah Finance atau Pembiayaan Konsumen.

#Leasing #Finance #LembagaPembiayaan #PembiayaanKonsumen #BedaLeasingdenganFinance #Lessor #Lesse #Supplier #Bank #Debitur #Kreditur #SewaGunaUsaha #Sewa #Angsuran #Kredit #HakOpsi #LembagaPerlindunganKonsumenNasionalIndonesia #LPKNI #PajakKendaraanBermotor #PajakProgresif #PerusahaanPembiayaan #Konsumen #Dealer #Perusahaan #Ekonomi #UtangPiutang #BarangModal #LeasingdanFinance #PerlindunganKonsumen

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *